kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selain Makanan & Obat, Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol dengan Alami


Kamis, 18 Agustus 2022 / 05:05 WIB
Selain Makanan & Obat, Bumbu Dapur Ini Bisa Bantu Menurunkan Kolesterol dengan Alami


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Banyak bahan makanan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol secara alami. Selain itu, bumbu dapur juga ada yang bermanfaat menurunkan kolesterol alami.

Sejumlah bumbu dapur ternyata bisa menjadi bahan alami penurun kolesterol yang ampuh dan murah. Bumbu-bumbu masakan yang biasa terdapat di dapur memiliki berbagai macam manfaat kesehatan ketika diolah bersama makanan. Salah satu manfaat yang didapat dari penambahan suatu bumbu dapur yakni bisa menurunkan kadar kolestrol.

Dikutip dari Prevention, bumbu atau rempah yang bisa menurunkan kadar kolestrol biasanya memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Bumbu tersebut seperti bawang putih, jahe, dan kunyit yang sudah terbukti sebagai bumbu ramah jantung.

Bumbu-bumbu dapur untuk menurunkan kolestrol

Menambahkan bumbu dapur pada masakan dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar kolestrol pada tubuh. Meskipun kolestrol dapat membantu mencerna lemak di dalam tubuh, namun apabila kadar kolestrol jahat dalam darah terlalu tinggi maka akan berisiko meningkatkan penyakit jantung.

Oleh sebab itu, beberapa bumbu berikut dapat ditambahkan dalam upaya menurunkan kadar kolestrol. Berikut daftar bumbu dapur untuk menurunkan kolesterol secara alami:

1. kayu manis

Bumbu dapur pertama untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah kayu manis. Dikutip dari Times of India, kayu manis merupakan bumbu daput yang memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antidiare.

Sifat-sifat tersebut membuat kayu manis bermanfaat mengurangi penyumbatan di sistem internal tubuh. Sehingga memungkinkan tubuh untuk meningkatkan kolestrol baik dan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, sifat antioksidannya juga membantu tubuh mengelolasensitivitas insulin dan menguangi kadar gula darah.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng Kolesterol Tinggi, Ini 5 Cara Pencegahannya

2. Lada hitam

Bumbu dapur kedua untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah lada hitam. Lada hitam dikenal merupakan bumbu dapur yang dikenal sebagai raja rempah-rempah.

Menambahkan lada hitam pada makanan dapat membantu tubuh menyerap nutrisi rempah-rempah lain lebih maksimal. Lada hitam juga merupakan sumber antioksidan yang baik, sehigga dapat membantu tubuh agar tetap sehat. Sifat itu memungkinkan tubuh memecah sel-sel lemak dan mengurangi kadar kolesterol pada tubuh.

3. Bawang putih

Bumbu dapur ketiga untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah bawang putih. Dikutip dari Hopkins Medicine, bawan putih dapat melindungi jantung dari berbagai risiko penyakit penyebab penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan mengonsumsi bawang putih berperan untuk menjaga pembulu darah tetap fleksibel, terutama pada wanita. Sehingga, bawang putih direkomendasikan untuk dikonsumsi karena dapat menguangi kolestrol dan trigliserida.

4. Jahe

Bumbu dapur keempat untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah jahe. Jahe adalah akar tinggal yang bisa dikonsumsi.

Dikutip dari Thorne, jahe merupakan bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan tersebut dikarenakan sifat antioksidan dan anti-inflamsi pada jahe. Sehingga, mengonsumsi jahe dapat mengurangi peningkatan trigliserida, kolestrol dan gula darah yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

5. Kunyit

Bumbu dapur kelima untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah kunyit. Kunyit adalah bumbu dapur yang familiar ditemukan di daerah tropis seperti India dan Asia Tenggara.

Kunyit memiliki banyak kandungan antioksidan yang tidak sensitif terhadap kerusakan ketika dimasak. Oleh sebab itu, mengonsumsi kunyit dapat memberikan manfaat kesehatan berupa penurunan kadar kolestrol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Itulah daftar bumbu dapur yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. Jangan lupa mengubah pola makan untuk membantu menurunkan kolesterol dengan menghindari goreng-gorengan dan jeroan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Bumbu Dapur yang Murah dan Ampuh Menurunkan Kolestrol",


Penulis : Taufieq Renaldi Arfiansyah
Editor : Rizal Setyo Nugroho

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×