kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengen punya kafe ala Upnormal, ini dia waralabanya


Sabtu, 11 Agustus 2018 / 12:05 WIB
Pengen punya kafe ala Upnormal, ini dia waralabanya


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Johana K.

KONTAN.CO.ID - Besarnya pasar jadi daya tarik bagi bisnis kuliner. Tak heran, pemain raksasa ikut melirik manisnya cuan di sektor usaha ini.

Seperti PT Cita Rasa Prima Indonesia Berjaya (CRP Group) yang kian getol mengembangkan sayapnya berbisnis kuliner. Sejak Juni 2018 lalu, perusahaan yang berpusat di Bandung, Jawa Barat ini resmi membuka franchise Upnormal Coffee Roaster.

Jelita Pramesti, Media Relation CRP Group mengatakan, gerai kopinya ini membidik konsumen kelas menengah. "Disini kami fokus menjual kopi Indonesia, mulai dari kopi ciwidew, sampai dengan gayo dan ada juga kopi house blend kami sendiri," katanya.

Ada sekitar 100 menu  pilihannya. Harganya berkisar mulai Rp 8.000-Rp 38.000 per porsi.

Upnormal Coffee Roaster pertama kali berdiri di Bandung, pada Februari 2017. Kini, sudah ada empat cabangnya di Bandung dan Jakarta. Sayang, Jelita masih enggan menyebutkan target pembukaan gerai mitra sepanjang tahun 2018 ini.

Tertarik bermitra? Perusahaan mematok investasi kerjasama mulai dari Rp 4,5 miliar. Nilai tersebut sudah termasuk franchise fee, dekorasi interior, sistem, perlengkapan dapur, meja kursi, bahan baku awal, branding dan pelatihan.

Sehingga, mitra cukup menyediakan tempat yang dapat menampung sekitar 200 kursi.  Untuk urusan karyawan, perusahaan akan menyediakan sekitar 30 orang sampai 40 orang yang sudah terlatih.

Perlu dicatat, kerjasama ini mengenakan 2,5% dari omzet (biaya promosi) yang harus dibayarkan oleh mitra saban bulannya. Untuk memastikan bisnis mitra tetap berjalan dengan baik, tim manajemen dari pusat akan  melakukan kunjungan secara berkala.

Berdasarkan perhitungan Jelita, rata-rata waktu balik modal kedai kopi ini sekitar 2,5 tahun. Dengan catatan, total penjualan per hari sekitar Rp 30 juta-Rp 50 juta. Setelah dikurangi biaya produksi dan operasional, porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi oleh mitra masih diatas 10% dari total omzet per bulan.

Untuk mencapai target penjualan saban harinya, tim manajemen getol melakukan promosi melalui media sosial seperti Instagram.

Djoko Kurniawan, Konsultan Usaha menilai, potensi usaha kedai kopi masih bagus. Tapi pebisnis harus jeli menentukan harga jual yang pas dengan target pasarnya.

Agar dapat bersaing dengan usaha kuliner sejenis,   kuncinya bukan hanya di produk tapi juga tentang experience dan happiness. Misalnya, pelayanan yang ramah dan cepat.

Yang harus diperhatikan agar bisnis mitra tetap berjalan adalah kualitas produk dan konsistensi layanan yang sesuai dengan target pasar yang disasar.  Semua tim pelayanan harus membuat konsumen bahagia dan terkesan.                       

Upnormal Coffee Roaster
Jl Brigjen Katamso No 19B
Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler, Bandung
Telp. (022) 87243108

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×