kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mudah dilakukan, ini cara menghilangkan keriput di wajah


Senin, 21 Desember 2020 / 15:03 WIB
Mudah dilakukan, ini cara menghilangkan keriput di wajah


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keriput adalah salah satu tanda penuaan yang bisa mengganggu penampilan. Masalah itu terjadi karena produksi kolagen dan elastisitas kulit berkurang. Namun, Anda tak perlu khawatir karena cara menghilangkan keriput di wajah berikut ini bisa Anda coba.

Batasi Konsumsi Gula

Melansir dari Healthline (healthline.com), konsumsi gula berpengaruh pada kemunculan keriput di wajah Anda. Gula dalam wajah memicu proses glikasi yang menghasilkan zat sisa bernama AGEs. AGEs tidak baik untuk kulit karena memecah kolagen.

Seiring berjalannya waktu, proses tersebut membuat kulit Anda keriput dan terlihat tua. Maka dari itu, membatasi konsumsi makanan atau makanan dengan pemanis berlebih perlu Anda lakukan. Hindari pula makanan berminyak karena bisa menimbulkan efek yang sama.

Pakai Sunscreen

Salah satu hal yang menyebabkan munculnya keriput adalah paparan sinar matahari berlebih. Karena itu, salah satu cara menghilangkan keriput di wajah adalah dengan memakai sunscreen secara rutin. Cobalah untuk memakai sunscreen dengan minimal 30 SPF.

Baca Juga: Manfaat mengkonsumsi ikan pada kesehatan dan kecantikan kulit

Selain mengatasi keriput, sunscreen juga bisa mengatasi tanda-tanda penuaan lain, seperti garis halus atau noda hitam di wajah. Jika Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu lama, tak ada salahnya untuk memakai sunscreen tiap beberapa jam sekali.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok bisa jadi salah satu cara menghilangkan keriput di wajah.

Kebiasaan merokok berdampak pada kesehatan tubuh Anda, tak terkecuali pada kondisi kulit wajah. Zat racun yang berasal dari rokok dan masuk ke tubuh dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Hal yang sama juga berlaku pada perokok pasif.

Jadi, ada baiknya untuk benar-benar menghindari rokok. Jika Anda kesulitan untuk berhenti merokok, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan menyarankan beberapa cara supaya proses menghentikan kebiasaan merokok bisa lebih efektif Anda lkukan.

Baca Juga: Ini 10 manfaat jika Anda kurangi konsumsi gula

Pakai Minyak Kelapa

Cara menghilangkan keriput di wajah juga bisa dilakukan memakai bahan alami, salah satunya adalah minyak kelapa. Healthline mengatakan bahwa kandungan dalam minyak kelapa mampu masuk ke ruang kosong di sekitar epidermis sehingga kulit terasa lebih lembut dan kelembabannya bisa terjaga.

Tingkatkan Konsumsi Antioksidan

Keriput juga bisa disebabkan oleh banyaknya radikal bebas dalam tubuh. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan, seperti anggur atau bayam, supaya jumlah radikal bebas penyebab keriput bisa berkurang.

Selanjutnya: Bisa mencegah kemunculan tanda penuaan, berikut manfaat timun untuk wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×