kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub buka opsi majukan penerapan one way bila lalu lintas padat


Kamis, 06 Juni 2019 / 18:33 WIB
Menhub buka opsi majukan penerapan one way bila lalu lintas padat


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementrian Perhubungan tetap konsisten melakukan one way untuk arus balik Lebaran tahun 2019. Hal itu dinyatakan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau kegiatan dan fasilitas di Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Kamis (6/6).

"Strategi kita untuk arus balik, kita tetap konsisten lakukan one way tiga hari berturut-turut sejak tanggal 7-9 Juni 2019 sampai Km 70," katanya.

One way ini kata Budi Karya, akan diterapkan dari Brebes di km 263 sampai km 70. Sementara, dari km 70 sampai km 29 melakukan contra flow.

"Dari km 70 sampai 29 ada satu atau dua contra flow yang akan kita lakukan. Jadi orang yang pulau dari Jakarta mau ke Bandung masih tetap berjalan baik," kata Menhub.

"Rencana pemberlakuan ini dari jam 12.00 sampai 24.00, tapi bisa berubah kalau tiba-tiba flow-nya banyak mungkin sebelum jam 12.00 sudah jadi one way. Jadi bisa ditanyakan ke Kakorlantas," terangnya.

Untuk memperlancar arus balik, Budi juga menyarankan para pemudik memiliki kesehatan prima saat kembali ke rumah masing-masing. Selain itu, Budi mengimbau pemudik untuk menggunakan fasilitas pemberhentian yang telah disediakan, bukan di bahu jalan.

"Pemudik jangan dalam keadaan letih, kalau letih tidur dulu karena keletihan itu bisa menimbulkan bahaya. Kita harapkan jangan berhenti di bahu jalan itu bahaya sekali dan membuat kemacetan," saran Budi Karya.

Adapun, tempat istirahat sejenak telah tersedia memanjang dari Batang, Tegal, Pekalongan, Brebes, Cirebon, dan seterusnya. Pemudik bisa memanfaatkan tempat tersebut untuk berbagai kegiatan, seperti makan, istirahat, dan solat. (Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub: Waktu Pelaksanaan One Way bisa Dimajukan jika Lalu Lintas Padat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×