Lagi Tren, Ini Cara Kerja Diet Nasi Putih yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Kamis, 11 Agustus 2022 | 11:55 WIB Sumber: Kompas.com
Lagi Tren, Ini Cara Kerja Diet Nasi Putih yang Efektif Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Cara kerja diet nasi yang efektif menurunkan berat badan yang lagi tren.


KONTAN.CO.ID - Lagi tren, mari simak cara kerja diet nasi yang efektif menurunkan berat badan. Bukan cuma bisa untuk menurunkan berat badan, diet nasi juga menyehatkan, lo.

Diet nasi alias mengganti kebutuhan karbohidrat dengan mengonsumsi makanan lain selain nasi belakangan lagi tren di masyarakat. 

Mengutip Healthline, diet nasi adalah diet rendah karbohidrat kompleks, rendah lemak, serta rendah natrium. Sebetulnya, metode semacam diet nasi sudah ada sejak 1939.

Saat itu, populer dengan sebutan The Rice Diet Solution. Metode ini awalnya dikembangkan oleh dokter dari Universitas Duke pada 1939 bernama Walter Kepmner, MD. 

Kemudian, diet nasi kembali populer pada 2006 setelah ahli diet berspesialisasi dalam pencegahan obesitas, penyakit jantung, dan penyakit kronis lain, Kitty Gurkin Rosati membahasnya.

Baca Juga: Jalan Kaki Bisa Menurunkan Berat Badan lo, Seberapa Sering Melakukannya?

Cara kerja diet nasi 

Melansir Healthline, diet nasi berfokus pada membatasi asupan garam dan makanan tinggi natrium. Tindakan ini akan membantu tubuh Anda menghilangkan kembung dan mengurangi kelebihan berat badan. 

Dalam kombinasi dengan makan makanan rendah sodium, diet juga membatasi lemak jenuh. 

Lantaran membatasi garam dan natrium, porsi ini diganti menggunakan makanan berserat tinggi untuk mengisi energi dan karbohidrat seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, sebagai sumber nutrisi utama. 

Selain itu, diet nasi juga memperhatikan asupan kalori, jika Anda berfokus untuk menurunkan berat badan. Menurut WebMD, diet nasi memiliki tiga fase.

Baca Juga: Cukup Ubah 3 Kebiasaan Ini, Penderita Diabetes Bisa Mencegah Gula Darah Tinggi

Fase pertama, Anda diminta mengonsumsi makanan 800 kalori per hari. Artinya, Anda disarankan untuk memulai dengan tingkat kalori yang lebih rendah dan kemudian menambah kalori secara bertahap. 

Fase kedua, besar kalori yang dikonsumsi menjadi sekitar 1.200 per hari. 

Fase ketiga, besar kalori yang dikonsumsi menjadi sekitar 1.500 kalori per hari jika Anda tidak berolahraga.

Manfaat diet nasi 

Manfaat dari diet ini adalah bisa membantu Anda mempelajari kontrol porsi dan membantu Anda mulai makan lebih banyak buah dan sayuran segar. 

Baca Juga: 4 Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol, Tanpa Obat Bisa Anda Coba

Jenis diet ini mungkin juga sangat membantu bagi seseorang yang memiliki kondisi jantung yang mengharuskan makan makanan yang rendah sodium dan lemak. 

Salah satu manfaat terbesar dari diet nasi adalah menantang gagasan bahwa karbohidrat adalah hal yang buruk. Sebab, begitu banyak diet dan rencana kesehatan yang berfokus pada makan makanan dan makanan rendah karbohidrat. 

Sebenarnya, tubuh membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara efisien. Otak membutuhkan glukosa untuk digunakan sebagai bahan bakar. 

Sementara diet nasi berfokus pada karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi jalar, atau oatmeal, dibandingkan dengan karbohidrat sederhana seperti kukis dan keik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Diet Nasi, Metode Efektif untuk Turunkan Berat Badan"

Penulis: Retia Kartika Dewi
Editor: Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru