Kencing Berbusa? Waspada 3 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

Jumat, 09 September 2022 | 15:16 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kencing Berbusa? Waspada 3 Penyebab yang Mungkin Anda Alami

ILUSTRASI. Kencing berbusa


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Anda sebetulnya harus sedikit waspada jika mengalami kencing berbusa. Pasalnya, ada beberapa penyebab kencing berbusa yang mungkin Anda alami dan menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Mengetahui penyebab kencing berbusa lebih cepat juga membuat Anda bisa sesegera mungkin melakukan penangan atau pengobatan. Meski demikian, ada juga penyebab kencing berbusa yang kerap tidak disadari oleh Anda. 

Selain itu, mengeluarkan air kencing terlalu kencang juga dapat membuat air kencing yang dikeluarkan berbusa. Sehingga, Anda tidak harus khawatir atau panik jika mengalami hal tersebut.

Baca Juga: Usus Buntu: Ciri-Ciri dan Gejala yang Perlu Diwaspadai Anak dan Ibu Hamil

Namun, jika Anda mengalami gejala yang disebabkan oleh kencing berbusa. Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter supaya kondisi belum terlalu memburuk. 

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab kencing berbusa yang harus diwaspadai:

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab kencing berbusa di antaranya tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain itu, biasanya warna air kencing Anda cenderung akan berwarna lebih gelap. Hal tersebut disebabkan protein dan kandungan lain tidak keluar dengan maksimal. 

Untuk mencegah dehidrasi cobalah untuk meminum air putih lebih banyak sekitar 8-9 gelas perhari. Selain dapat mencegah kencing berbusa minum air putih yang cukup juga baik kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Penyakit Ginjal

Kencing berbusa biasanya dikaitkan dengan adanya gangguan atau penyakit ginjal. Dilansir dari Medical News Today, air kencing berbusa disebabkan oleh fungsi ginjal yang tidak berjalan dengan normal. Hal tersebut membuat kandungan-kandungan tidak tersaring secara maksimal.

Hal tersebut mengakibatkan air kencing Anda berbusa. Selain itu, jika Anda mengalami penyakit ginjal, kecing akan terasa sakit, panas serta frekuensi kencing menjadi lebih sering.

Baca Juga: Waspada 5 Penyebab Benjolan di Selangkangan yang Perlu Anda Ketahui

3. Diabetes

Penyakit diabetes juga menjadi penyebab kencing berbusa yang sangat perlu diwaspadai. Pasalnya jumlah gula darah yang tidak terkontrol membuat jumlah albumin meningkat. Hal tersebutlah yang membuat kencing berbusa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru