O

Kenapa rajin mencuci tangan dengan benar sangatlah penting? Ini kata WHO

Sabtu, 08 Mei 2021 | 00:05 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Kenapa rajin mencuci tangan dengan benar sangatlah penting? Ini kata WHO


KONTAN.CO.ID - Bagi banyak patogen infeksius, termasuk virus corona baru, rajin mencuci tangan dengan benar sangatlah penting untuk mengurangi risiko penularan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), semua pihak memiliki peran penting untuk memainkan dan mendorong mempraktikkan rajin mencuci tangan, terutama saat pandemi virus corona.

Rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir menjadi salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona yang sangat mematikan.

Baca Juga: Ngeri! India sumbang 46% dari total kasus Covid-19 global pekan lalu

WHO dalam Pembaruan Epidemiologi Mingguan Covid-19 yang rilis Selasa (4/5) menyebutkan, ada sejumlah manfaat rajin mencuci tangan dengan benar:

  • Membersihkan tangan yang tepat mengurangi risiko infeksi dari banyak patogen, termasuk virus corona baru, baik pada populasi umum maupun di kalangan petugas kesehatan.
  • Kebersihan tangan yang tepat mencegah hingga 50% dari infeksi yang dapat dihindari yang didapat selama perawatan kesehatan.
  • Berinvestasi dalam kebersihan tangan menghasilkan keuntungan yang besar. Kebijakan kebersihan tangan bisa menghasilkan penghematan ekonomi rata-rata 16 kali biaya implementasinya.
  • Kebersihan tangan yang efektif mengurangi kematian dan kecacatan akibat infeksi terkait perawatan kesehatan. 

WHO menyatakan, kebersihan tangan yang efektif bisa tercapai dengan menggunakan strategi perbaikan multimodal kebersihan tangan yang terbukti sangat berdampak.

"Mengarah pada peningkatan signifikan dalam indikator kebersihan tangan utama, penurunan infeksi terkait perawatan kesehatan dan resistensi antimikroba, dan secara substansial membantu menghentikan wabah," kata WHO.

Selanjutnya: WHO: Kasus corona dunia dalam 2 minggu terakhir melampaui 6 bulan pertama pandemi

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru