kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 5 Obat Diabetes Alami yang Penting Untuk Diketahui


Minggu, 30 Oktober 2022 / 11:30 WIB
Kenali 5 Obat Diabetes Alami yang Penting Untuk Diketahui


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak beberapa obat diabetes alami yanv sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, diabetes atau gula darah tinggi adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa memicu berbagai penyakit.

Penyakit gula darah tinggi atau diabetes merupakan penyakit serius yang kerap luput dari perhatian. Padahal, diabetes sangat berbahaya serta sangat berisiko menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lain. 

Oleh karena itu penting sesegera mungkin melakukan penanganan bagi Anda pengidap diabetes, dengan memeriksakan kondisi tubuh ke dokter. Sebelum berbagai penyakit berbahaya muncul.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Lobi-Lobi Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ada banyak faktor penyebab diabetes. Mulai dari genetik, kurang olahraga, makan tidak terjaga dan berbagai gaya hidup kurang sehat lainnya. 

Meski ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat diabetes, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut guna meminimalisir efek samping dan memaksimalkan khasiat dari obat diabetes tersebut. 

Berikut obat diabetes berbahan alami yang dilansir dari Stamford Health: 

1. Kayu Manis 

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah yang mempunyai banyak khasiat dan kerap dijadikan bahan ramuan obat herbal. Perlu Anda ketahui, salah satunya kayu manis dapat dijadikan obat diabetes loh. 

Pasalnya, kayu manis mampu menurunkan kadar gula darah tinggi sehingga sangat cocok dijadikan obat diabetes. Selain itu, kayu manis juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Buni untuk Kesehatan, Catat!

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat populer mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, lidah buaya juga disebut-sebut bisa dijadikan obat diabetes loh. Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah besar, karena dapat menimbulkan efek samping diare.

3. Zinc 

Salah satu jenis mineral, zinc dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Anda bisa mengkonsumsi suplemen zinc sebagai obat diabetes sebelum muncul komplikasi penyakit lain dan usahakan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan, Yuk Cek!

4. Buah dan Sayur Tertentu

Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis buah dan sayur tertentu dapat dijadikan obat diabetes loh. Contohnya seperti stroberi, bluberi, ceri, apel, alpukat, brokoli, tomat dan masih banyak lagi. 

Beberapa buah dan sayur tersebut dapat dijadikan obat diabetes. Pasalnya, buah dan sayur tersebut mempunyai kandungan yang dapat menurunkan kadar gula darah secara alami.

Baca Juga: 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

5. Fenugreek 

Obat diabetes yang berbahan alami selanjutnya yaitu fenubreek. Fenubreek adalah salah satu tanaman herbal yang kerap dijadikan ramuan berbagai jenis obat seperti kayu manis. 

Selain dapat dijadikan obat diabetes, fenubreek juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×