Isi jeruk siam bisa hambat tumor

Jumat, 18 September 2015 | 15:37 WIB Sumber: Kompas.com
Isi jeruk siam bisa hambat tumor


Bogor. Tim peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian menyebut, kandungan limonin pada buah jeruk Siam mampu menghambat pertumbuhan tumor dan menurunkan rasio Kolesterol jahat atau LDL.

Erliza Noor, salah satu tim peneliti menjelaskan, limonin merupakan senyawa khas yang terdapat pada buah jeruk.

Karena rasanya yang pahit, banyak orang tidak menyukainya.

Padahal, limonin memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, diantaranya menghambat pertumbuhan tumor, menurunkan rasio Kolesterol LDL, serta mengurangi risiko penyakit penyumbatan pembuluh darah, dan juga kanker.

Ia menyebutkan, di beberapa negara limonin dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan dan bahan tambahan makanan dan minuman.

“Kandungan limonin ada pada biji jeruk dan kulitnya. Hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi industri sari jeruk untuk memanfaatkan limbah biji jeruk," ujar Erliza, Jumat (18/9/15).

Hasil penelitian menyebut, dari biji jeruk Siam menghasilkan limonin lebih banyak dibandingkan varietas jeruk lainnya.

Erliza menambahkan, kadar limonin yang tinggi bisa menjadi potensi yang dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi.

“Hasil rekayasa proses isolasi didapatkan kadar kemurnian limonin yang dihasilkan sebesar 27%, sehingga tergolong dalam pharmaceutical grade dan dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi,” pungkasnya. (Ramdhan Triyadi Bempah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru