Inilah 8 penyebab kemandulan pria / wanita yang tidak disadari

Senin, 28 September 2020 | 09:04 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah 8 penyebab kemandulan pria / wanita yang tidak disadari

ILUSTRASI. Ilustrasi Inilah 8 penyebab kemandulan pria / wanita yang tidak disadari

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyebab mandul pria dan wanita bisa karena hal sepele yang tidak disadari. Ketahui penyebab mandul pria dan wanita lebih dini, agar tidak mengganggu kesuburan.

Banyak pasangan yang mendambakan momongan terhalang dengan masalah kesuburan. Masalah kesuburan dapat dialami oleh wanita maupun pria. Kondisi ini cukup umum terjadi. Bahkan, masalah kesuburan diketahui mempengaruhi satu dari setiap enam pasangan.

Penyebab mandul pria dan wanita dapat terjadi karena berbagai sebab. Mulai dari kondisi tubuh hingga dipicu oleh perilaku sehari-hari. Kabar buruknya, sering kali, infertilitas ini tidak disadari terjadi karena beberapa kebiasaan sederhana.

Berikut kebiasaan yang bisa menjadi penyebab mandul pria dan wanita

1. Begadang dan kurang tidur

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan ini mempengaruhi banyak hal dalam kesehatan tubuh, tak terkecuali kesehatan reproduksi.

Melansir dari Verywell Family, beberapa penelitian menemukan hubungan antara kebiasaan tidur yang buruk dengan menstruasi tidak teratur. Menstruasi tidak teratur sendiri dapat menjadi gejala infertilitas.

Selain itu, kebiasaan buruk begadang juga berkaitan erat dengan obesitas yang membuat masalah ovulasi pada perempuan dan sperma kurang sehat pada laki-laki. Penelitian yang terbit dalam jurnal Medical Science Monitor tahun 2017 menemukan bahwa pria yang tidur kurang dari enam jam menghasilkan sperma yang buruk.

Selain itu, dikutip dari NDTV, penelitian lain menemukan bahwa orang yang kurang tidur menghasilkan sperma dalam jumlah yang lebih sedikit.

Baca juga: Segera ditutup, lelang rumah sitaan bank di Jakarta Rp 350-an juta

2. Konsumsi kafein berlebihan

Kepopuleran kopi kekinian membuat banyak orang makin sering mengonsumsi minuman berkafein ini. Bahkan, tak jarang orang mengonsumsi kopi melebihi batas yang dianjurkan. Tapi, tahukah Anda, konsumsi kafein secara berlebihan dapat menjadi penyebab mandul pria dan wanita?

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran. Kafein tidak hanya berasal dari kopi saja, tapi juga dari teh kental, soda berkafein, hingga minuman berenergi. Pastikan saat mengonsumsi jenis-jenis minuman tersebut, perhatikan kandungannya jika tidak ingin mendapatkan masalah infertilitas.

Simak daftar kebiasaan penyebab kemandulan pria dan wanita lainnya di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto


Terbaru