Kesehatan Umum

Inilah 7 manfaat teh hijau, sistem imun tubuh bisa meningkat

Minggu, 27 September 2020 | 11:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Inilah 7 manfaat teh hijau, sistem imun tubuh bisa meningkat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka teh hijau? Bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat teh hijau bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Anda bisa meminumnya setiap hari atau membuatnya dalam bentuk hidangan lain.

Mengandung Banyak Antioksidan

Mengutip dari Health, teh hijau mengandung banyak antioksidan yang berperan sebagai antiinflamasi. Hal itu membuat teh hijau efektif digunakan untuk melindungi sel dari penyakit kronis. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan meningkat secara keseluruhan.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan fungsi otak, maka teh hijau adalah jawabannya. Bahan alami ini mengandung kafein dan asam amino yang bernama L-theanine.

Kedua kandungan itu bisa meningkatkan kemampuan memori, kognitif, dan mood seseorang. Tak hanya itu, teh hijau juga bermanfaat untuk melawan stres oksidatif sehingga bisa mencegah penyakit alzheimer dan neurodegenerative.

Baca Juga: 3 Manfaat teh hijau, bisa turunkan berat badan dan cerahkan kulit wajah

Menurunkan Berat Badan

Manfaat teh hijau juga bisa Anda gunakan untuk menurunkan berat badan.

Bukan rahasia lagi kalau teh hijau bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Melansir dari Health, manfaat teh hijau adalah meningkatkan metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, menekan nafsu makan, dan mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Karena mengandung banyak antioksidan, teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga sistem imun tubuh bisa meningkat. Tak hanya itu, efek antibakteri yang dimiliki teh hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut seseorang.

Menambah Kepadatan Tulang

Melansir dari Health, antioksidan dalam teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk menambah kepadatan tulang dan mencegah patah tulang. Polyphenol dalam teh hijau memengaruhi kepadatan mineral tulang dengan cara mencegah kerusakan sel tulang akibat oksidasi.

Baca Juga: Minum teh membuat Anda sering buang air kecil, benarkah?

Mencegah Diabetes

Menurut penelitian di Jepang yang melibatkan 14.000 orang dewasa selama lima tahun, rutin mengonsumsi teh hijau bisa mengurangi resiko diabetes. Penelitian itu bahkan melibatkan faktor resiko diabetes lain, seperti usia, jenis kelamin, massa tubuh.

Mencegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat teh hijau lainnya yang disebutkan Health adalah mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Hal itu disebabkan karena adanya polyphenol dalam teh hijau. Kandungan itu mengurangi efek sinar matahari sehingga tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, bisa berkurang.

Selanjutnya: Aman Anda lakukan, inilah cara menurunkan berat badan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru