kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ganti makanan pemicu asam urat ini dengan bahan alami lain


Rabu, 29 September 2021 / 08:33 WIB
Ganti makanan pemicu asam urat ini dengan bahan alami lain
ILUSTRASI. Jika makanan pemicu asam urat tak Anda hindari, masalah kesehatan yang lebih parah bisa Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah asam urat dalam tubuh perlu Anda kontrol. Tujuannya supaya Anda tak mengalami nyeri sendi atau masalah kesehatan yang lain. Salah satu caranya adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan pemicu asam urat.

Asam urat adalah hasil pemecahan senyawa bernama purin. Nah, makanan yang mengandung banyak purin itulah yang sebaiknya tak Anda konsumsi terlalu sering. Daripada mengonsumsi makanan yang memperparah jumlah asam urat, gantilah dengan bahan alami lain yang lebih aman dikonsumsi.

Selain menurunkan jumlah purin dalam tubuh, mengatur makanan juga baik untuk berat badan. Usahakan untuk tetap mempertahankan berat badan ideal supaya efek asam urat tinggi tak Anda alami secara terus-menerus.

Baca Juga: Nyeri haid sangat menyakitkan? Ini lo penyebabnya

Makanan Pemicu Asam Urat

Seafood termasuk dalam makanan pemicu asam urat.

Seperti yang telah dikatakan, Anda perlu menghindari makanan-makanan yang kaya akan purin. Nah, Web MD (webmd.com) menyebutkan ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tak Anda konsumsi terlalu banyak.

Makanan yang dimaksud adalah daging merah, daging babi, daging domba, seafood, dan jeroan. Produk yang memiliki banyak fruktosa, seperti es krim, sereal, dan permen, juga perlu Anda perhatikan. Kalau bisa, Anda perlu benar-benar menghindarinya.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu memerhatikan minuman yang Anda konsumsi. Cobalah untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol. Hal yang sama juga berlaku pada jus buah atau minuman bersoda karena mengandung banyak fruktosa.

Baca Juga: 5 Aktivitas yang bisa membantu mempercepat menurunkan berat badan

Makanan untuk Penderita Asam Urat

Alih-alih mengonsumsi makanan pemicu asam urat, Anda perlu mengonsumsi makanan lain. Misalnya, produk olahan susu rendah lemak.

Alih-alih mengonsumsi makanan pemicu asam urat yang telah disebutkan, tak ada salahnya untuk memilih jenis makanan yang lain. Anda bisa mencoba produk olahan susu rendah lemak, selai kacang atau jenis kacang yang lain, telur, ikan, kentang, dan sayur serta buah segar.

Web MD pun menyarankan Anda untuk minum banyak air putih supaya jumlah asam urat berkurang. Selain itu, mengonsumsi vitamin C dan kafein juga dapat dijadikan opsi. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tak berlebihan, ya.

Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, jangan lupa untuk tetap melakukan konsultasi ke dokter. Sesuai dengan kondisi Anda, dokter dapat memberikan beberapa resep obat asam urat. Usahakan untuk mengonsumsinya secara rutin supaya radang sendi atau efek asam urat tinggi lain tak lagi Anda alami.

Selanjutnya: Pakai daun kemangi, cek 4 rekomendasi obat demam ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×