Empat langkah praktis mengirim dokumen melalui WhatsApp

Rabu, 17 Juli 2019 | 01:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Empat langkah praktis mengirim dokumen melalui WhatsApp


TEKNOLOGI - JAKARTA. WhatsApp, aplikasi pesan digital menawarkan berbagai fasilitas. Salah satunya adalah WhatsApp dapat mengirimkan dokumen teks (word/pdf).

Fasilitas ini memungkinkan pengguna berbagi dokumen dengan mudah dan praktis. Mereka tidak perlu berbagi flashdisk untuk mengirimkan dokumen kepada rekanan.

Lainnya, fasilitas ini juga membuat pengguna dapat mengirimkan dokumen kapan saja dan di mana saja. Dengan catatan, dokumen tersebut tersimpan di dalam folder ponsel pintar. Untuk mulai mengoperasikannya,

Baca Juga: Tak cuma ada di IG dan Facebook, di WhatsApp juga bisa bikin story

1. Anda buka aplikasi WhatsApp yang terpasang di smartphone. Bila Anda belum memasang aplikasi pesan digital ini di ponsel, unduh melalalui Google Play atau APP Store. Anda pastikan ponsel pintar tersambung dengan internet selama proses mengunduh WhatsApp.

2. Kemudian, Anda ketuk ikon pesan berwarna hijau di sudut kanan bawah halaman WhatsApp. Layar ponsel akan menampilkan  daftar nomor kontak. Setelah itu, Anda cari kontak orang yang diinginkan kemudian ketuk kontak tersebut.

Opsi lainnya, Anda dapat mengetuk ikon pencari yang berada di sudut kanan atas halaman WhatsApp. Sekedar info, ikon pencari akan membantu Anda untuk menemukan nomor kontak lebih cepat.

Baca Juga: Seru! Video call rame-rame di WhatsApp, begini caranya

Lalu, Anda lanjutkan dengan mengetikkan nama orang yang diinginkan di dalam kolom pencari. Tunggu beberapa saat, mesin pencari ini akan menampilkan nomor kontak orang yang Anda cari.

3. Anda ketuk ikon berbentuk klip yang berada tepat di sebelah kiri ikon kamera. Kemudian, Anda ketuk ikon dokumen yang berwarna ungu.  

4. Layar ponsel akan menampilkan folder dokumen, Anda cari dan ketuk lah dokumen yang ingin dikirimkan. Lalu, Anda lanjutkan dengan ketuk "Send", untuk mulai mengirimkan dokumen tersebut. 

Baca Juga: WhatsApp Business, apps yang patut terpasang di smartphone pebisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru