kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung transformasi digital rumah sakit, Zi.Care gandeng CIMB Niaga Syariah


Jumat, 22 Oktober 2021 / 23:11 WIB
Dukung transformasi digital rumah sakit, Zi.Care gandeng CIMB Niaga Syariah
ILUSTRASI. Kantor Zi.Care dari PT Jejaring Tiga Artha


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Startup teknologi di bidang kesehatan Zi.Care menggandeng Bank CIMB Niaga Syariah untuk menyediakan solusi jasa keuangan bagi rumah sakit, klinik dan fasilitas kesehatan yang akan dan sudah menjadi rekanan Zi.Care.

Founder sekaligus CEO Zi.Care Jessy Abdurrahman mengatakan, pihaknya ingin memberikan solusi teknologi dan mendukung transformasi digital di bidang kesehatan, sekaligus menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan antara bank sebagai lembaga jasa keuangan dan fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan klinik.

“Industri kesehatan saat ini menjadi salah fokus bisnis utama dari para group korporasi dan juga institusi keuangan. Oleh karena itu, lewat kerja sama seperti ini kami ingin menjadi enabler yang menghubungkan antara bank dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang akan dan sudah menjadi rekanan Zi.Care sehingga dapat memberikan solusi yang terintegrasi,” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/10).

Baca Juga: Zi.Care & PERSI berkolaborasi dukung peningkatan pelayanan rumah sakit di Tanah Air

Jessy menambahkan, dengan adanya kerja sama antara Zi.Care dan pihak perbankan maka hal ini akan meningkatkan engagement antara bank dengan nasabah rumah sakit dan klinik melalui sinergi bisnis antara mereka.

Dengan kerja sama antara Bank dan Zi.Care, hal ini dapat memberikan opsi kepada rumah sakit dan klinik untuk menerapkan solusi teknologi informasi yang tepat guna dan terjangkau.

Nantinya, saat pasien melakukan konsultasi kesehatan via online atau telehealth menggunakan Zi.Care Mobile Apps pasien akan dapat melakukan pembayaran menggunakan virtual account Bank CIMB Niaga yang terintegrasi dengan Zi.Care Mobile Apps.

Bank dan rumah sakit juga dapat bekerja sama dalam pengelolaan keuangan dirumah sakit melalui layanan cash management system (CMS) dan pembayaran gaji karyawan (payroll). “Selain itu, bank dapat memberikan dana talangan kepada rumah sakit dengan tujuan untuk pembiayaan layanan kesehatan dan pengadaan alat kesehatan di rumah sakit,” imbuhnya.

Baca Juga: Dobrak sistem informasi kesehatan, Zi.Care diperkenalkan

Dari sisi instansi pelayanan kesehatan, benefit yang didapatkan antara lain kemudahan dalam hal klaim asuransi dengan bantuan kode atau proses penagihan secara otomatis agar proses lebih cepat, terukur dan mudah sehingga meminimalisir kesalahan. Proses claiming dan underwriting juga akan semakin efektif dan efisien.

Selain itu, instansi pelayanan kesehatan memiliki Electronic Medical Record (EMR) yang dapat memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara akurat dan real-time. Sistem ini tentunya menghemat biaya karena bersifat paperless, terintegrasi dan keamanannya terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×