Di Jakarta, nyamuk Aedes Aegypti kerap gigit anak-anak saat sekolah

Kamis, 24 Januari 2019 | 15:07 WIB Sumber: Kompas.com
Di Jakarta, nyamuk Aedes Aegypti kerap gigit anak-anak saat sekolah


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kasus demam berdarah dengue (DBD) yang ditemukan hingga saat ini di Ibu Kota utamanya menyerang anak-anak. Nyamuk aedes aegypti diperkirakan menggigit anak-anak saat di lingkungan sekolah.

"Dari kasus (DBD) yang ditemukan, utamanya ( nyamuk menyerang) anak-anak berusia antara 13 dan 15 tahun. Biasanya kejadian sekitar pukul 10.00 pagi, plus-minus 1 atau 2 jam, tetapi kira-kira pagi hari dan umumnya mereka berada di sekolah," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (24/1).

Oleh karena itu, Anies telah menginstruksikan seluruh pihak sekolah di Jakarta untuk mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Dia meminta pihak sekolah memastikan tidak ada genangan air yang bisa jadi tempat perkembangbiakan nyamuk pembawa virus dengue.

Anies juga tengah menyiapkan instruksi gubernur khusus untuk antisipasi dan penanganan DBD. "Sekolah-sekolah sudah diinstruksikan untuk antisipatif atas potensi merebaknya kasus demam berdarah dengan memeriksa seluruh lingkungan sekolah," kata Anies.

Pada Rabu (23/1), Anies menyebut kasus DBD di Jakarta pada Januari meningkat dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada Januari 2018, ada 198 kasus DBD, sedangkan tahun ini hingga Rabu kemarin, tercatat sudah ada 370 kasus DBD.

Pemprov DKI Jakarta memprediksi tiga wilayah yang masuk dalam kategori waspada untuk bulan Januari. Ketiga wilayah itu yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Sementara pada Februari dan Maret, seluruh wilayah Jakarta masuk ke dalam kategori waspada. Fase waspada DBD tersebut dipengaruhi peningkatan curah hujan dan perubahan iklim.

Masyarakat juga diimbau untuk melakukan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J) dan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M (menguras, menutup, mendaur ulang) Plus seminggu sekali. (NURSITA SARI)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penampakan "Di Jakarta, Nyamuk Aedes Aegypti Kerap Gigit Anak-anak Saat Sekolah",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru