HOME

Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat herbal kencing batu, begini cara meraciknya

Selasa, 22 September 2020 | 15:08 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat herbal kencing batu, begini cara meraciknya

ILUSTRASI. Ilustrasi. Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat kencing batu.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat herbal kencing batu. Anda ingin mencoba mengonsumsi obat herbal ini? Simak dulu cara meraciknya.  

Penyakit kencing batu memang tidak bersifat menular. Namun, penyakit kencing batu membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan kesakitan saat buang air kecil. 

Mengutip dari Kompas.com, penyakit kencing batu terjadi karena adanya zat-zat kimia di dalam tubuh yang harusnya dikelurkan mengendap membentuk kristal yang menyumbat saluran kencing. 

Baca Juga: Minum air rebusan temulawak bisa mengobati asam urat Anda

Seseorang yang menderita kencing batu akan mengalami beberapa gejala umum seperti rasa nyeri di bagian belakang kiri atau kanan di bawah tulang rusuk dada, kencing berdarah, kencing berbau, kencing berwarna keruh, mual, muntah, demam, berkeringat, dan perasaan ingin kencing terus menerus. 

Biasanya para penderita kencing batu mengonsumsi obat resep dokter untuk mengobati kencing batu. Dengan konsumsi obat tersebut, kristal dalam saluran kencing tersebut akan keluar bersamaan dengan air kencing. 

Namun, penderita harus menjalani operasi bila kristal di dalam saluran kencing tidak kunjung keluar. 

Opsi lainnya, penderita kencing batu bisa mengonsumsi obat herbal untuk mengobati penyakitnya. 

Daun kumis kucing, merupakan tanaman obat herbal yang dipercaya mampu mengobati penyakit kencing batu. 

Daun kumis kucing sebagai obat kencing batu 

Kumis kucing merupakan tanaman liar yang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tidak heran, tanaman kumis kucing memiliki bunga yang cantik. 

Selain menjadi tanaman hias, kumis kucing banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obat herbal. Asal tahu saja, seluruh bagian kumis kucing bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. 

Untuk obat kencing batu, bagian yang digunakan adalah daun kumis kucing. Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 2, daun kumis kucing bersifat diuretic alias peluruh air seni dan penghancur batu saluran kencing. 

Penderita kencing batu tidak boleh asal mengonsumsi daun kumis kucing untuk mengobati penyakitnya. Sebab ada cara khusus untuk mengolah daun kumis kucing sebagai obat kencing batu. 

Berikut bahan dan cara membuat obat herbal daun kumis kucing untuk penyakit kencing batu. 

Bahan 

  • Daun kumis kucing 4-7 lembar 
  • Meniran 7 helai  
  • Air 2 gelas

Anda cuci daun kumis kucing dan meniran sampai bersih. Kemudian, Anda rebus kedua daun tersebut sampai mendidih dan menyisahkan air 1 gelas. 

Anda minum air rebusan daun kumis kucing tiga kali sehari. 

Anda sebaiknya tidak mengonsumsi obat herbal daun kumis kucing secara berlebihan. Sebab, pemakaian daun kumis kucing dalam jumlah banyak bisa menyebabkan keracunan dan kerusakan hati. 

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat daun kumis kucing sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Selanjutnya: Tidak hanya nikmat dan segar, jus apel wortel efektif menurunkan tekanan darah tinggi

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru