Daftar makanan sumber protein terbaik untuk diet menurunkan berat badan

Selasa, 18 Mei 2021 | 06:19 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar makanan sumber protein terbaik untuk diet menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Telur rebus salah satu makanan sumber protein terbaik untuk diet menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Saat diet untuk menurunkan berat badan, kita disarankan meningkatkan konsumsi protein. Simak daftar makanan dengan protein terbaik agar diet menurunkan berat badan berhasil.

Meningkatkan asupan makanan kaya protein saat mencoba menurunkan berat badan dapat membantu kita merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan membangun otot tanpa lemak. Protein adalah salah satu makronutrien terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk regenerasi dan pertumbuhan sel.

Secara umum, setiap orang diharuskan mengonsumsi 0,8 gram protein setiap hari agar tetap bugar dan sehat. Nah, ketika kita sedang menjalani diet khusus untuk menurunkan berat badan, jumlah asupan protein meningkat tergantung tujuan kebugaran.

Tapi ingat, kalori tetap dihitung. Jadi, jenis protein yang kita tambahkan ke makanan sangatlah penting. Oleh sebab itu, menambahkan protein berkualitas baik dan rendah kalori dapat membantu kita tetap pada jalurnya.

Baca juga: Cara membantu menurunkan berat badan secara alami dengan kopi, ini kiatnya

Berikut ini adalah empat sumber protein terbaik untuk ditambahkan ke makanan, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

1. Kacang-kacangan

Sumber protein yang bagus untuk diet menurunkan berat badan adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber protein dan nutrisi penting. Segenggam kacang bisa memberi kita 6-10 gram protein dan juga membuat kita kenyang sampai waktu makan berikutnya.

Mengunyah makanan yang tidak sehat di antara waktu makan sering kali menyabotase rencana penurunan berat badan. Untuk tetap berada pada jalurnya, kita perlu memilih camilan sehat dan tidak ada yang lebih baik dari kacang-kacangan.

2. Lentil

Bahan makanan lain sebagai sumber protein yang bagus untuk diet menurunkan berat badan adalah lentil. Lentil mudah dimasak dan lezat. Lentil bisa menjadi sumber protein yang sangat baik untuk vegetarian.

Ada begitu banyak jenis lentil yang dapat kita masak dengan berbagai cara untuk ditambahkan ke dalam makanan. Secangkir lentil mengandung 18 gram protein dan sekitar 16 gram serat. Makanan ini bisa membuat kita merasa lebih kenyang dan membantu melancarkan buang air besar.

Simak daftar makanan lain sebagai sumber protein yang bagus untuk diet menurunkan berat badan di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru