Catat tips tidur siang yang paling optimal berikut

Sabtu, 25 September 2021 | 21:49 WIB Sumber: Kompas.com
Catat tips tidur siang yang paling optimal berikut

ILUSTRASI. Pemilihan waktu tidur siang yang baik dan pas dapat mengoptimalkan manfaat istirahat di sela-sela aktivitas tengah hari.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemilihan waktu tidur siang yang baik dan pas dapat mengoptimalkan manfaat istirahat di sela-sela aktivitas tengah hari. Apabila tidur siang terlalu lama, orang jadi susah tidur di malam hari.

Tidur siang yang terlalu sore juga bisa memengaruhi jadwal tidur. Agar manfaat tidur siang optimal, simak penjelasan kapan waktu tidur siang yang baik dan lamanya istirahat agar tidak mengganggu jadwal tidur malam.

Melansir Sleep, waktu tidur siang yang baik bagi orang dengan jadwal tidur normal yakni sekitar jam makan siang, atau sekitar pukul 12.30 sampai 14.00. Selama jam makan siang, orang cenderung sedikit mengantuk dan lelah.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor. Pertama, orang jadi mengantuk setelah makan siang karena asupan yang dikonsumsi banyak mengandung karbohidrat atau rendah lemak. Kedua, orang mengantuk di jam makan siang lantaran siklus biologis tubuh atau ritme sirkadian.

Perlu diketahui, manusia memiliki waktu paling mengantuk dalam 24 jam. Puncak pertama biasanya pada malam hari ketika seseorang tertidur lelap.

Sedangkan puncak kedua sekitar 12 jam kemudian atau biasanya di sekitar jam makan siang. Maka, jangan heran apabila orang jadi mengantuk di siang hari, walaupun perutnya belum terisi makanan.

Baca Juga: 8 Kebiasaan penyebab perut buncit dan cara mengecilkannya secara alami

Untuk menyelaraskan dengan jadwal tidur alami, hindari tidur siang setelah pukul empat sore karena bisa mengganggu jadwal tidur malam. Namun, perlu diingat bahwa patokan waktu tidur siang yang baik di atas tidak saklek.

Jika orang yang kerjanya lembur atau beraktivitas sampai dini hari dan baru tidur sepanjang siang hari, maka waktu tidur siangnya bisa digeser selang 12 jam atau pada tengah malam.

Manfaat tidur siang untuk kesehatan

Melansir Mayo Clinic, manfaat tidur siang yang tepat ternyata baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Membuat tubuh lebih rileks
  • Mengurangi kelelahan
  • Meningkatkan kewaspadaan
  • Membuat suasana hati jadi lebih baik
  • Meningkatkan kinerja, karena pikiran lebih responsif dan fokus

Baca Juga: Jangan disepelekan, ini ragam manfaat penting tidur untuk tumbuh kembang anak

Manfaat tidur siang tersebut optimal bagi orang yang kurang tidur di malam hari, atau kelelahan karena sedang banyak beraktivitas. Bagi yang belum terbiasa, tidur siang bisa jadi pekerjaan rumah yang sulit dijalankan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda jajal untuk memulai kebiasaan baik kaya manfaat ini. Melansir Sleep Foundation, berikut beberapa di antaranya:

  • Tidur siang yang baik tak perlu berlama-lama, cukup 10-20 menit saja
  • Cari tempat yang nyaman untuk tidur siang, pilih tempat yang tidak banyak terpapar cahaya, suhu udaranya nyaman, dan tidak bising
  • Bila perlu, gunakan penutup mata dan penyumbat telinga agar tidak terganggu dengan lingkungan sekitar

Setelah bangun dari tidur siang, berikan jeda sebentar sebelum melanjutkan aktivitas. Anda juga bisa membasuh muka atau mengonsumsi segelas minuman berkafein tanpa gula untuk meningkatkan kewaspadaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kapan Waktu Tidur Siang yang Baik?
Penulis: Mahardini Nur Afifah

Baca Juga: Jenis-Jenis Insomnia yang Perlu Anda Ketahui

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru