Kesehatan Umum

Catat, inilah ciri-ciri usus buntu yang umum terjadi

Sabtu, 19 September 2020 | 12:35 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Catat, inilah ciri-ciri usus buntu yang umum terjadi

KONTAN.CO.ID - Penumpukan lendir, parasit, hingga masalah feses bisa menyumbat usus sehingga menyebabkan inflamasi dan infeksi. Ciri-ciri usus buntu perlu segera Anda sadari agar pengobatan bisa cepat dilakukan.

Jika Anda biarkan dan tak diobati, usus buntu bisa menyebabkan masalah yang lebih besar, yaitu peritoitis. Ada beberapa ciri-ciri usus buntu yang sebaiknya Anda waspadai.

Ciri-ciri usus buntu yang umum terjadi

Ada banyak ciri-ciri usus buntu yang bisa seseorang alami. Melansiri Healthline, beberapa tanda usus buntu adalah sakit perut, demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, sembelit, dan diare.

Tidak semua orang memiliki ciri-ciri usus buntu yang sama. Sakit perut karena usus buntu biasanya disertasi dengan kram. Saat usus buntu semakin bengkak, hal itu akan membuat dinding perut iritasi.

Beberapa orang memiliki usus buntu yang terletak di belakang usus. Sehingga, ciri-ciri usus buntu juga bisa terasa di punggung bawah atau pinggul.

Baca Juga: Serba-serbi usus buntu, gejala dan penyebabnya

Ciri-ciri usus buntu pada anak

Anak-anak biasanya kesulitan untuk menjelaskan ciri-ciri usus buntu yang mereka rasakan. Alih-alih menyebut bagian perut mana yang sakit, anak-anak cenderung mengatakan, seluruh bagian perutnya terasa tak nyaman.

Healthline menyebutkan, hal itu cenderung membuat orangtua salah paham. Biasanya, hal itu diartikan orangtua sebagai sakit perut biasa atau infeksi saluran urin. Jika ciri-ciri usus buntu tak terdeteksi dengan benar, hal itu bisa membahayakan kesehatan anak.

Beberapa ciri-ciri usus buntu pada anak berusia dua tahun atau di bawahnya adalah muntah, perut kembung dan bengkak, atau perut yang terasa lebih lunak. Sedangkan ciri-ciri usus buntu yang dirasakan anak berusia lebih tua adalah mual, muntah, dan sakit di bagian kanan perut.

Baca Juga: Gejala dan penyebab usus buntu yang harus Anda ketahui

Editor: Belladina Biananda


Terbaru