BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk, kapal tujuan Wakatobi dilarang berlayar

Rabu, 23 Januari 2019 | 17:41 WIB Sumber: Kompas.com
BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk, kapal tujuan Wakatobi dilarang berlayar


CUACA EKSTREM - BAUBAU. Akibat cuaca buruk, Syahbandar Pelabuhan Murhum Kota Baubau Sulawesi Tenggara, mengeluarkan larangan berlayar bagi kapal penumpang dengan tujuan Kabupaten Wakatobi. 

Larangan ini disebabkan, akibat tingginya gelombang laut di antara Selat Baubau dan Wakatobi dengan ketinggian ombak mencapai 2-4 meter. 

“Ada beberapa kapal kami tunda keberangkatannya. Sejak kemarin sudah kami tunda pelayarannya, tujuan Wakatobi. Hari ini juga ada tiga kapal kami tunda keberangkatan sampai cuaca membaik,” kata Kepala Seksi Kesyahbandaran Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Muhamad Irfan Jayadinata, di kantornya, Rabu (23/1). 

Menurut Irfan, larangan berlayar ini menyusul keluarnya peringatan dini dari BMKG dengan adanya cuaca buruk dan ketinggian gelombang laut di perairan sekitar Pulau Buton dan Wakatobi. 
Syahbandar mengeluarkan larangan berlayar berlaku hingga tiga hari ke depan. 
Sementara itu, suasana Pelabuhan Murhum terlihat sepi dari kapal yang merapat di pelabuhan. Beberapa kapal sengaja diungsikan ke pulau terdekat untuk menghindari gelombang laut. 

“Ada beberapa kapal yang sandar di dermaga, kami sudah bergeser ke daerah labuh. Karena kondisinya semalam tidak memungkin karena air laut sudah hampir mencapai ke permukaan,” ucap Irfan. (Kontributor Baubau, Defriatno Neke) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Cuaca Buruk, Kapal Penumpang Tujuan Wakatobi Dilarang Berlayar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru