kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis jus kemasan gelas makin manis


Jumat, 28 Oktober 2016 / 11:29 WIB
Bisnis jus kemasan gelas makin manis


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Produsen minuman makin agresif di bisnis minuman berasa kemasan gelas yang menyasar segmen menengah bawah. Produk minuman seharga Rp 500-Rp 1.000 per gelas tersebut memiliki ceruk pasar yang relatif besar.

Pemain utamanya adalah, PT Sayap Mas Utama, anak usaha Wings Group yang kini memiliki tiga merek minuman jus kemasan gelas, yakni Ale-Ale, Teh Rio, dan minuman energi Power F. Merujuk riset AC Nielsen per Desember 2015 lalu, Ale-ale memimpin pangsa pasar 71%.

Namun Ale-Ale kini mendapat tantangan dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, yang telah meluncurkan jus kemasan gelas Fruitamax. Charoen juga membidik segmen pasar menengah ke bawah. Dalam riset Nielsen tahun 2015, pasar minuman kemasan gelas mencapai 94 juta boks, setara Rp 1,6 triliun.

Aristo Kristandyo, Group Head Marketing Communications PT Sayap Mas Utama (Wings Food) menyebutkan, minuman kemasan gelasr fokus menyasar segmen pasar kelas B dan C. "Pilihan rasanya kami sesuaikan dengan konsumen," kata Aristo kepada KONTAN, Rabu (26/10).

Selain itu, produk minuman kemasan gelas tersebut menyasar segmen pasar yang ada di wilayah tertentu. Contohnya, minuman Power F yang dipasarkan di kawasan industri, pasar dan terminal. Agar penjualan bertambah, akhir tahun ini Sayap Mas akan menambah produk baru. "Akan ada rasa baru untuk pasar segmen C," ujar Aristo.

Adapun PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk lewat anak usahanya, PT Singa Mas Indonesia tak mau ketinggalan. Sejak Mei 2016 lalu, Singa Mas telah memasarkan minuman kemasan gelas anyar, yaitu Teh Serrr dan Fruitamax dengan harga jual Rp 1.000 per gelas. “Semula membidik segmen menengah dan atas, kini merambah segmen bawah karena pemainnya sedikit ,” kata Santo Kadarusman, Public Relations & Marketing Event Manager PT Singa Mas Indonesia kepada KONTAN, Rabu (14/9).

Santo bilang, Teh Serr dan Fruitamax menyasar segmen pasar anak sekolah. Untuk itu, Singa Mas banyak mendistribusikan produk ke warung tradisional.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×