kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa mengatasi nyeri haid, ini 6 manfaat jahe untuk Anda


Rabu, 10 Maret 2021 / 12:20 WIB
Bisa mengatasi nyeri haid, ini 6 manfaat jahe untuk Anda


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Tidak hanya melezatkan rasa masakan, ada banyak manfaat jahe yang berguna untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengatasi rasa mual yang Anda rasakan. Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu mengunyah jahe secara langsung. Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu dengan merebusnya. Manfaat minuman jahe bisa meredakan rasa mual saat Anda hamil atau mual karena mabuk perjalanan.

Selain mengatasi rasa mual, tentu saja masih banyak kegunaan jahe lainnya yang bisa Anda dapatkan. Namun, pastikan untuk mengolah jahe dengan cara yang sehat, ya. Dengan begitu, manfaat yang Anda dapat tidak mudah hilang.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jahe untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kondisi jantung Anda. Mengutip dari Medlife, mengonsumsi jahe dapat mengurangi kolesterol dan mencegah penggumpalan darah. Cobalah untuk mengonsumsi jahe secara rutin supaya manfaat itu bisa Anda dapat.

Baca Juga: 4 Manfaat bawang putih, bisa Anda jadikan obat jerawat, lo

Mencegah kanker

Manfaat jahe selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis rempah itu mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Itu berasal dari kandungan antiinflamasi yang terdapat dalam jahe.

Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat itu.

Menjaga kesehatan liver

Tidak hanya jantung, jahe juga berguna untuk menjaga kesehatan liver Anda. Kandungan dalam jahe berguna untuk melindungi liver dari serangan benda asing atau zat racun yang mengendap dan sulit dikeluarkan.

Meredakan nyeri haid

Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi nyeri haid.

Pereda nyeri haid jadi salah satu manfaat jahe untuk wanita yang bisa Anda dapatkan. Melansir Medlife, Anda perlu mengonsumsi 1 gram jahe selama tiga hari berturut-turut seupaya nyeri haid bisa berkurang.

Namun, untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Baca Juga: 8 Obat herbal untuk menurunkan kolesterol yang bahannya mudah didapatkan

Mencegah kemunculan tanda penuaan

Manfaat jahe lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jenis rempah itu mampu mencegah tanda-tanda penuaan. Anda perlu mengonsumsi air jahe setiap hari supaya kerutan dan tanda penuaan berkurang. Tak hanya itu, jahe juga bisa mencerahkan warna kulit Anda, lo.

Mencegah rambut rontok

Khasiat jahe berikutnya adalah mampu mencegah rambut rontok. Selain mengonsumsinya secara langsung, manfaat itu bisa Anda dapat dari menggunakan jahe dalam bentuk pasta.

Selain mencegah rambut rontok, jahe juga memiliki kegunaan yang lain. Kandungan dalam jahe mampu meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat dan kuat.

Tidak berhenti sampai di situ, antiseptik dalam jahe berguna untuk mengatasi ketombe.

Selanjutnya: Sederet bahan alami yang efektif meredakan batuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×