kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara mudah mengobati sakit mag dengan kunyit


Rabu, 22 September 2021 / 08:00 WIB
Begini cara mudah mengobati sakit mag dengan kunyit
ILUSTRASI. Penyembuhan sakit mag sebenarnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah tanaman herbal. Salah satunya kunyit.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa di antara Anda yang mengidap penyakit mag? Saat kambuh, penyakit ini sangat menyiksa. 

Nah, penyembuhan sakit mag sebenarnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah tanaman herbal. Dengan mencampurkan tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antacid, dan astringent, diyakini akan diperoleh sediaan paling baik untuk mengobati tukak lambung. 

Salah satu tanaman yang telah banyak diteliti untuk penyembuhan tukak lambung, yakni kunyit. 

Melansir Buku Health Secret of Turmeric (Kunyit) (2011) oleh Pangkalan Ide, sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak 1953. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kunyit, laju penyembuhan dapat meningkat 23,3 persen pada kelinci dan 24,4 persen pada tikus. Penemuan ini dan penggunaan kunyit secara tradisional telah merasang penelitian lebih lanjut. 

Baca Juga: Kena serangan asam lambung? Ini 5 makanan yang bisa meredakan

Pada studi lain, pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci dilaporkan secara nyata dapat menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. 

Hasil ini memperlihatkan efek terapeutik kunyit untuk penyakit lambung dimungkinkan akibat adanya efek stimulasi mukus. Bahkan penyembuhan sakit mag dengan kunyit dapat berupa menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung. 

Usaha identifikasi kandungan aktif kunyit yang bermanfaat untuk mengobati mag adalah mengarah pada penemuan curcumin. 

Baca Juga: Catat 9 Makanan penurun asam lambung yang baik dikonsumsi

Secara eksperimental, curcumin efektif dalam mencegah dan memperbaiki luka lambung. Curcumin dapat meningkatkan mukus lambung, sehingga aktivitas tukak lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus. 

Oleh sebab itu, penyembuhan sakit mag dapat pula dilakukan dengan menggunakan tanaman herbal, seperti kunyit. Sebuah percobaan klinis mengenai efek kunyit pernah dilakukan untuk mengobati 10 penderita sakit mag. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×