Banyak purin, waspadai 5 makanan penyebab asam urat ini

Jumat, 26 November 2021 | 09:13 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Banyak purin, waspadai 5 makanan penyebab asam urat ini

ILUSTRASI. Ada beberapa jenis makanan penyebab asam urat yang perlu Anda batasi atau kalu bisa benar-benar Anda hindari.

Pratayang Sabtu, 27 November 2021

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak mengonsumsi makanan penyebab asam urat bisa berdampak baik untuk kesehatan Anda. Dengan begitu, jumlah asam urat menjadi lebih terkontrol sehingga frekuensi radang sendi dan masalah kesehatan lain bisa berkurang.

Mengonsumsi jenis makanan tertentu, apalagi yang mengandung banyak purin, bisa menambah jumlah asam urat. Seiring berjalannya waktu, asam urat akan menumpuk dan mengkristal sehingga menimbulkan peradangan.

Cobalah untuk mengonsumsi banyak susu rendah lemak. Protein dalam susu dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat lebih banyak. Selain itu, jangan lupa untuk membatasi konsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.

Udang

Livestrong.com menyebutkan bahwa udang merupakan salah satu seafood yang perlu Anda hindari untuk mengurangi jumlah asam urat. Anda bisa mendapat 273.2 mg purin dari mengonsumsi 3.5 ons udang. Jadi, Anda perlu menggantinya dengan bahan makanan lain yang lebih sehat.

Baca Juga: Coba 5 obat asam urat yang aman untuk lambung ini, yuk

Jeroan Sapi

Jeroan Sapi adalah salah satu makanan penyebab asam urat.

Jeroan sapi, apalagi ginjalnya, termasuk dalam daftar makanan penyebab asam urat. Bukan tanpa alasan, dalam 3.5 ons ginjal sapi, Anda bisa mendapatkan 174.2 mg purin. Daging sapi juga memiliki banyak purin. Artinya, Anda perlu mewaspadai konsumsi jenis makanan tersebut.

Jeroan Ayam

Tidak hanya jeroan sapi, jeroan ayam pun perlu Anda waspadai. Sebagai contoh, 3.5 ons hati ayam mengandung 312.2 mg purin. Alih-alih mengonsumsi bagian ayam tersebut, cobalah untuk mengonsumsi bagian ayam lain yang mengandung lebih sedikit purin, misalnya dada, paha, atau sayap ayam.

Kerang

Kerang termasuk dalam daftar makanan penyebab asam urat.

Kerang jadi makanan penyebab asam urat berikutnya yang sebaiknya Anda hindari. Meski memiliki banyak nutrisi, Anda bisa menemukan 184.5 mg purin dalam 3.5 ons kerang. Tak ada salahnya untuk mengganti kerang dengan jenis makanan lain yang lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Jangan makan daging mentah saat asam urat tinggi, ini alasannya

Ikan Teri

Mengutip dari Livestrong.com, jumlah purin dalam tubuh bisa bertambah sebanyak 303.9 mg jika Anda mengonsumsi 3.5 ons ikan teri. Tidak hanya itu, ikan teri juga dipenuhi dengan sodium. Mengonsumsi 3.5 ons ikan teri dapat memenuhi kebutuhan sodium harian tubuh hingga 153%.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda waspadai untuk menghindari asam urat tinggi. Selain menghindari jenis makanan tertentu, cobalah untuk rutin olahraga dan menerapkan pola hidup sehat lain untuk menjaga kondisi tubuh Anda.

Selanjutnya: Favorit dari Realme, simak spesifikasi lengkap dan harga HP Realme C11 RAM 3 GB

Editor: Belladina Biananda
Terbaru