Apakah Covid-19 bisa menyebar melalui makanan? Ini jawaban Satgas

Senin, 26 Juli 2021 | 07:19 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Apakah Covid-19 bisa menyebar melalui makanan? Ini jawaban Satgas

ILUSTRASI. anyak pula orang yang cemas jika virus mematikan ini bisa menyebar melalui makanan atau minuman. Benarkah demikian? (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus Covid-19 dapat menyebar melalui droplet atau tetesan pernapasan saat seseorang batuk, bersin atau berbicara. 

Selain itu, virus ini juga disebut-sebut dapat bertahan lama pada permukaan atau benda. Oleh karenanya, rajin mencuci tangan dengan air sabun sangat dianjurkan saat seseorang menyentuh permukaan apapun. 

Di sisi lain, banyak pula orang yang cemas jika virus mematikan ini bisa menyebar melalui makanan atau minuman. Benarkah demikian?

Melansir situs resmi Satgas Penanganan Covid-19, virus penyebab Covid-19 belum terbukti bisa menyebar via makanan, karena virusnya butuh inang atau jaringan hidup untuk bisa berkembang biak.

"Penyebaran utama Covid-19 adalah melalui droplet yang dihasilkan saat orang berbicara, batuk, atau bersin, yang masuk ke tubuh melalui mata, hidung, atau mulut," demikian penjelasan Satgas.

Baca Juga: Per Minggu (25/7): Vaksinasi Covid-19 lengkap baru 8,60% dari target

Walaupun begitu, masyarakat bisa menerapkan cara konsumsi makanan yang lebih aman sehingga bisa menghindari penularan penyakit.

Misalnya dengan mencuci tangan yang bersih sebelum makanan, memastikan makanan disajikan dengan penutup, serta mengelola makanan dengan aman.

Sebagai tambahan, sama seperti virus dan bakteri lainnya, virus penyebab COVID-19 juga tidak tahan panas. "Jadi pastikan memasak makanan hingga matang (setidaknya mencapai 70°C) dan atau panaskan kembali makanan bila diperlukan," saran Satgas.

Baca Juga: Cek! 5 Info penting virus corona varian Delta dari Satgas Covid-19

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru