Anti gagal, inilah 5 cara menurunkan berat badan alami

Jumat, 07 Agustus 2020 | 13:36 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Anti gagal, inilah 5 cara menurunkan berat badan alami

ILUSTRASI. Konsumsi buah bisa menjadi cara menurunkan berat badan alami. KONTAN/Muradi/2017/11/02

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis diet yang bisa menurunkan berat badan secara cepat. Namun, berat badan impian yang sudah Anda dapatkan biasanya tidak bertahan lama. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menggunakan cara menurunkan berat badan alami.

Alih-alih menggunakan program diet yang membuat Anda lapar sepanjang waktu, cara menurunkan berat badan alami lebih ampuh dilakukan. Caranya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Web MD (webmd.com) menyebutkan beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan.

  • Wajib Sarapan

Cara menurunkan berat badan alami adalah dengan membiasakan diri untuk sarapan. Web MD menjelaskan bahwa banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan justru dengan rutin sarapan.

Baca Juga: 3 tips menurunkan berat badan dengan cepat

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa sarapan memiliki BMI yang lebih rendah dan menunjukkan performa yang lebih baik di tempat kerja atau sekolah. Anda bisa sarapan dengan menu sereal, buah-buahan, atau produk olahan susu rendah lemak.

  • Batasi Waktu Makan

Cara menurunkan berat badan alami selanjutnya yang disebutkan Web MD adalah dengan membatasi waktu makan. Misalnya, Anda menentukan bahwa Anda tidak akan makan setelah pukul 7 malam.

Maka, Anda harus menurutinya. Trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggosok gigi pukul 7 malam sehingga Anda tidak mengonsumsi makanan lain lagi.

  • Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah sumber makanan penting yang wajib ada dalam menu diet Anda. Cara menurunkan berat badan alami ini bisa membuat tubuh Anda kaya akan vitamin, mineral, phytonutrients, seratm dan nutrisi.

Baca Juga: Wajib tahu! Inilah gejala kolesterol tinggi dan cara mengatasinya

  • Kontrol Lingkungan Anda

Proses menurunkan berat badan pasti mudah terdistraksi dengan makanan tinggi kalori yang lezat, kan? Anda harus mengontrol hal itu. Caranya, isi dapur dengan stok makanan yang sehat dan jauhi restoran cepat saji atau sejenisnya. Jika Anda menghadiri suatu pesta, pilihlah makanan dengan kalori yang rendah.

  • Kurangi Porsi Makan

Cara menurunkan berat badan alami juga bisa Anda lakukan dengan mengurangi porsi makan. Anda bisa melakukannya secara perlahan agar tubuh Anda juga memiliki waktu untuk beradaptasi. Setiap hari, usahakan untuk mengurangi porsi makan hingga Anda mencapai porsi minimal yang tubuh Anda butuhkan.

Selain melakukan cara-cara di atas, cara menurunkan berat badan juga bisa Anda lakukan dengan olahraga. Tak perlu olahraga yang berat. Web MD merekomendasikan agar Anda menambah langkah hingga 10 ribu langkah tiap hari.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru