Anies: Jakarta butuh Rp 70 M untuk vaksin difteri

Jumat, 08 Desember 2017 | 20:28 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Jakarta butuh Rp 70 M untuk vaksin difteri


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, untuk menghadapi merebaknya wabah penyakit difteri, Jakarta membutuhkan 2,9 juta vaksin.

"Jakarta dapat bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 1,2 juta vaksin. Padahal kebutuhannyasebanyak 2,9 juta vaksin," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (8/12).

Ia mengatakan, bantuan vaksin dari pemerintah pusat tersebut akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan vaksin di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Untuk menutupi kekurangan vaksin tersebut, lanjut Anies, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengusahakan pembelian secara mandiri. "Kami akan carikan danan kekurangan sebesar Rp 70 miliar. Ini penting untuk bisa mendapatkan vaksin sisanya," sebut Anies.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, serangan wabah penyakit difteri di Jakarta terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, tahun ini wabah penyakit mematikan tersebut disebutnya sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Ia mengatakan, pada 2016 terdapat 17 kasus dengan 1 kematian, sedangkan tahun 2017 meningkat menjadi sebanyak 25 kasus dengan 2 kematian. Umumnya, wabah penyakit dikategorikan sebagai KLB jika korban dari wabah ini meningkat hingga dua kali lipat.

"Kami akan melakukan ORI namanya, yaitu Outbreak Renponse Imunisasion yang akan kami lakukan pada 5 wilayah dan di Kabupaten Kepulauan Seribu," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (8/12).

Mekanisme imumisasi ORI dilakukan jika seorang terjangkit penyakit difteri maka semua orang di suatu kawasan harus diimunisasi, tanpa kecuali. (Sherly Puspita)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Anies: Jakarta Butuh Rp 70 Miliar untuk Vaksin Difteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru