kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amazon akan jual produk-produk baru Apple


Minggu, 11 November 2018 / 14:34 WIB
Amazon akan jual produk-produk baru Apple
ILUSTRASI. Penggunaan ponsel pintar


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Amazon.com Inc akan memasarkan lebih banyak produk Apple Inc secara global, terutama saat musim belanja liburan tiba. Pemasaran melalui Amazon untuk meningkatkan penjualan dan strategi menghadapi pesaingan antar produk teknologi.

Dilansir dari Reuters, Minggu (10/11), dalam beberapa minggu mendatang, pengecer online terbesar di dunia ini akan menjual edisi terbaru Apple, seperti iPhone, iPad dan perangkat lainnya di wilayah Amerika Serikat (AS), Eropa, Jepang dan Indonesia. Amzon juga akan menjual produk edisi terbatas milik Apple, termasuk komputer Mac dan Headphone Beats.

Kesepakatan kerjasama ini menunjukkan bagaimana merek ternama seperti Apple dan Nike Inc, yang awalnya menolak mendistribusikan produknya melalui Amazon, mulai beralih ke situs e-commerce karena saluran ini penting untuk menjangkau pelanggan secara luas.

Amazon akan bertindak tegas terhadap produk palsu yang beredar. Pada 4 Januari 2019, Amazon akan membersihkan situsnya dari pedagang pihak ketiga yang menjual produk Apple tanpa izin dari perusahaan teknologi asal Cupertino, California ini. Namun, pembeli akan dapat menemukan aksesoris tanpa merek seperti headphone yang pas dengan perangkat Apple.

Pedagang pihak ketiga akan diizinkan menjual produk pasca musim liburan usai, sementara itu Amazon akan menampilkan produk Apple di halaman Amazon, dan dari situ pelanggan bisa menjelajah situs resmi Apple.

Formasi penjualan akan mencakup produk Apple Watch, tetapi tidak untuk Apple HomePod, yaitu speaker pintar yang dirancang khusus karena Amazon juga mempunyai produk serupa. Persaingan semacam ini di Silicon Valley sering kali mengorbankan pelanggan.

Sebelumnya Google menarik video streaming di aplikasi YouTube yang tayang di dua perangkat Amazon tahun lalu. Alasannya pengecer online mengeluhkan keputusan perusahaan itu tidak menjual beberapa produk Google.

Namun, selalu ada peluang kerjasama lain antara Apple dan Amazon. Pelanggan bisa mengakses aplikasi Amazon Prime Video yang terintegrasi ke dalam Apple TV. Sehingga pelanggan bisa menonton acara favorit di iPhone, iPad, Apple TV, serta menemukan konten Amazon.

“Kami bekerja sama dengan Amazon untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Apple di situs Amazon. Pelanggan juga bisa menentukan untuk membeli iPhone, iPad, Apple Watch, Mac dan lainnya,” kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Sampai September 2018, sekitar 71% penjualan Apple melalui distribusi secara tidak langsung, seperti melalui layanan Amazon.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×