Kesehatan Umum

6 Cara cepat tidur efektif yang patut dicoba

Senin, 21 September 2020 | 09:18 WIB   Reporter: Belladina Biananda
6 Cara cepat tidur efektif yang patut dicoba

ILUSTRASI. Ada beberapa cara cepat tidur yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda sering mengalami kesulitan untuk terlelap di malam hari? Jika iya, maka cara cepat tidur ini bisa Anda coba. Dengan melakukan cara-cara yang direkomendasikan dalam artikel ini, waktu istirahat Anda akan semakin tercukupi.

Tetapkan Jadwal Rutin

Mengutip dari Healthline, memiliki waktu tidur rutin bisa membuat Anda tidur lebih cepat, lo. Dalam tubuh manusia, terdapat ritme sirkadian yang membuat seseorang tidur saat malam dan bangun di siang hari.

Memiliki jadwal tidur yang tepat akan mempermudah ritme sirkadian melakukan fungsinya. Usahakan untuk tidak melakukan apapun selama 30 – 45 menit sebelum tidur agar badan rileks sehingga tidur lebih cepat.

Meditasi

Cara cepat tidur juga dapat Anda lakukan dengan mengelola stres dengan baik. Salah satu cara pengelolaan stres adalah dengan melakukan meditasi atau yoga. Kegiatan tersebut akan membuat tubuh rileks sehingga tidur bisa lebih mudah dilakukan.

Baca Juga: Ingin tidur lebih nyenyak, simak dua tips berikut

Hindari Tidur Siang

Menghindari tidur siang bisa jadi cara cepat tidur di malam hari.

Tidur siang dalam waktu singkat memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan secara keseluruhan. Namun, jika tidur siang dilakukan terlalu lama, maka kualitas tidur di malam hari akan terganggu.

Melansir dari Healthline, penelitian yang dilakukan pada 1996 menunjukkan bahwa orang dewasa yang sering tidur siang mengalami penurunan kualitas tidur malam. Selain itu, mereka juga menunjukkan gejala depresif, aktivitas fisik terbatas, dan obesitas.

Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Memerhatikan makanan yang Anda konsumsi jadi cara cepat tidur lainnya yang bisa dilakukan. Makanan tinggi karbo atau rendah lemak lebih menurunkan kualitas tidur dibandingkan dengan makanan rendah karbo atau tinggi lemak.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan tinggi karbo, usahakan untuk makan empat jam sebelum tidur. Hal itu dilakukan agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum beristirahat.

Baca Juga: 3 Langkah mudah mengatasi insomnia

Mendengarkan Musik

Cara cepat tidur lainnya yang direkomendasikan Healthline adalah mendengarkan musik yang menangkan. Penelitian yang dilakukan pada 50 orang menunjukkan, mereka yang mendengarkan musik menenangkan 45 menit sebelum tidur memiliki waktu istirahat lebih berkualitas.

Olahraga

Olahraga mampu mengurangi kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Namun, pastikan untuk melakukan olahraga secukupnya, ya. Olahraga yang berlebihan justru membuat Anda lebih sulit beristirahat di malam hari.

Selanjutnya: Begini cara cepat tidur yang bisa penderita insomnia coba

Editor: Belladina Biananda


Terbaru