5 Tanda kolesterol tinggi, gemuk bukan berarti banyak kolesterol

Selasa, 22 September 2020 | 06:52 WIB Sumber: Kompas.com
5 Tanda kolesterol tinggi, gemuk bukan berarti banyak kolesterol

ILUSTRASI. Badan sering pegal-pegal termasuk salah satu tanda kolesterol tinggi. Dini TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Tanda kolesterol tinggi dalam tubuh sebenarnya bisa dirasakan oleh masing-masing orang. Namun, banyak orang tidak merasakan gejala kolesterol tinggi yang timbul atau membiarkan saja.

Kolesterol adalah lemak mirip zat lilin yang terdapat dalam darah. Tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk menunjang pertumbuhan sel yang sehat. Namun, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Melansir Mayo Clinic, kolesterol tinggi menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah. Ketika banyak timbunan lemak di pembuluh darah, aliran darah jadi tidak lancar. Endapan tersebut terkadang bisa tiba-tiba pecah dan membentuk gumpalan pemicu serangan jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi bisa berasal dari faktor keturunan. Namun, penyakit ini umumnya disebabkan gaya hidup tak sehat seperti pola makan sembarangan sampai malas bergerak.

Baca juga: Lelang mobil sitaan pajak pekan ini: 4 Toyota Avanza, harga Rp 60-an juta

 Tes darah merupakan satu-satunya cara mendeteksi kadar kolesterol di dalam darah. Akan tetapi, sejumlah penderita mengalami beberapa gejala kolesterol tinggi.

Berikut beberapa tanda kolesterol tinggi:

1. Luka kekuningan di sejumlah bagian tubuh

Melansir WebMD, gejala kolesterol tinggi karena faktor keturunan bisa memicu tumbuhnya luka kekuningan pada kulit. Luka khas karena pertumbuhan lemak di bawah jaringan kulit ini disebut xanthoma.

Xanthoma saat kolesterol naik bisa muncul di berbagai bagian tubuh, seperti lutut, siku, kaki, tangan, pantat, dl. Dilansir dari Healthline, xanthoma bisa tumbuh sebesar kepala peniti sampai sebesar buah anggur.

Tampilan luka ini sering menyerupai benjolan datar di bawah kulit dengan warna kuning atau oranye. Xanthoma tidak menimbulkan rasa sakit, terasa lembut, dan terkadang memicu gatal. Hal yang perlu diingat, tanda kolesterol tinggi xanthomata ini tidak muncul pada penderita kolesterol tinggi karena gaya hidup atau faktor usia.

Editor: Adi Wikanto


Terbaru