5 Manfaat lari pagi, baik bagi kesehatan badan dan mental

Rabu, 04 Agustus 2021 | 15:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Manfaat lari pagi, baik bagi kesehatan badan dan mental

ILUSTRASI. Ada segudang manfaat lari pagi, baik bagi kesehatan fisik dan mental.

KONTAN.CO.ID - ​ Ada segudang manfaat lari pagi, baik bagi kesehatan fisik dan mental. Tak perlu lari berat dengan jarak jauh, cukup dengan lari ringan selama 10 hingga 20 menit saja di pagi hari untuk bisa mendapatkan manfaat lari pagi.

Jika dilakukan dengan konsisten, manfaat lari pagi akan sangat optimal. Nah berikut ini 5 manfaat lari pagi sebagaimana dilansir dari Achieve Oxfordshire:

1. Menjaga suasana hati

Melakukan segala jenis olahraga menyebabkan tubuh kita melepaskan hormon perasaan baik yang disebut endorfin. Endorfin ini dapat menciptakan perasaan euforia. 

Hormon ini tidak hanya membuat kita ingin berlari lebih teratur, tetapi juga memberi kita pandangan dan energi positif pada hari. 

Baca Juga: Presiden Jokowi perintahkan Menkeu tambah anggaran obat gratis pasien isolasi mandiri

2. Perbaiki kualitas tidur

Manfaat jogging pagi juga berkaitan dengan kualitas tidur. Manfaat lari pagi yakni bisa meningkatkan paparan cahaya alami matahari. 

Penelitian telah menunjukkan, keluar sebelum jam kantor atau sekolah atau saat matahari belum terlalu terik dapat membantu mengatur ritme keseharian, yang membantu membuat kita lebih mudah untuk tertidur di malam hari. 

Pada gilirannya, orang yang secara teratur tidur enam sampai delapan jam setiap malam lebih mungkin berpeluang menurunkan berat badan daripada mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malam.

3. Mengurangi stres

Keluar rumah setiap pagi untuk berlari adalah kesempatan bagus untuk berlatih menenangkan tubuh, pikiran, dan perasaan kita. Ini dapat membantu menciptakan perasaan tenang. 

Manfaat lari pagi bisa menjadi cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran, sehingga Anda selalu siap untuk memulai hari.

Baca Juga: Berolahraga saat pandemi sebaiknya tak menimbulkan kerumunan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru