kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Klub olah raga tertua di dunia


Rabu, 13 April 2016 / 12:00 WIB
5 Klub olah raga tertua di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Klub olahraga biasa juga disebut perkumpulan olahraga atau asosiasi olahraga. Anggota klub olahraga biasanya adalah mereka yang tercatat ikut bermain bersama dalam komunitas tersebut, atau bisa juga bermain di klub lainnya yang sejenis. Para pemain profesional dengan timnya, secara teratur bertanding melawan klub lainnya dan terkadang menarik perhatian sejumlah besar penggemar yang membayar untuk menontonnya. Penontonnya terutama keluarga dan teman-teman, sampai pada organisasi komersial.  Klub olah raga biasanya dikhususkan untuk suatu cabang olahraga tunggal atau juga beberapa cabang olahraga. Berikut klub olah raga tertua di dunia yang masih eksis hingga kini versi Kontan.

Nama : Olympic Club
Alamat : 599 Skyline Blvd, San Francisco, CA 94132, Amerika Serikat
Cabang Olah raga : Atletik
Mulai didirikan : Tahun 1860
Keterangan : - Kalau di Inggris ada Necton Guild, di amerika, gerakan memasalkan olahraga atletik pertama kali diawali di kota San Fransisco pada tahun 1860 yang diberi nama Olympic club dan kejuaraan pertama kali diadakan oleh Atletik Club Newyork pada tahun pada tahun 1868.
    - Gerakan beratletik tumbuh dan berkembang, hal ini tampak dari timbulnya atau berdirinya  organisasi-organisasi atletik diseluruh dunia, seperti di Inggris berdiri organisasi atletik bernama British Amateur athletic Board tahun 1887, di Afrika Selatan berdiri South African Amateur Union tahun 1895, di Swedia  berdiri Svenska Fri Idrotts Forbunder  taun 1895
Sumber foto : olyclub.com

Nama : Shefield FC
Alamat : Sheffield Football Club, Olive Grove RD., Sheffield, South Yorkshire, United Kingdom
Cabang Olah raga : Sepak bola
Mulai didirikan : 24 Oktober 1857
Keterangan : - Sheffiel FC, klub ini lahir di kota Sheffield, Inggris. Klub ini didirikan pada tanggal 24 Oktober 1857, atau sekitar 155 tahun yang lalu. Klub ini mempunyai markas di stadion Coach and Horses Ground, Dronfield dan bisa menampung sebanyak 2000 penonton. Klub ini hingga saat ini ada dan masih aktif mengikuti liga Divisi Satu Selatan di Liga Inggris Utara. 
    - pada tahun 1904 dianggap sebagai masa-masa terbaik bagi klub yang dulunya memiliki markas di Bramall Lane stadion milik Sheffield United. Pada tahun 1904 klub ini sukses memenangkan 1904. Pada tahun 1977, klub ini juga berhasil keluar sebagai runner up pada Vas FA. Klub ini oleh FIFA dihadiahi Order of Meritdan masuk kedalam Hall Of Fame sepak bola di negara Inggris. 
Sumber foto : sheffieldfc.com

Nama : Necton Guild
Alamat : Inggris
Cabang Olah raga : Atletik
Mulai didirikan : Tahun 1817
Keterangan : - Awal mulanya gerakan olympiyade moderen berasal dari masyarakat Eropa pada abad ke-19, pada waktu itu masyarakat disana telah memulai membentuk perkumpulan-perkumpulan atletik dan bahkan mengadakan perlombaan-perlombaan antar perkumpulan dan perguruan tinggi (mahasiswa).
    - Pada tahun 1817 seorang kebangsaan inggris bernama Captain Mason mendirikan perkumpulan atletik (klub)  yang bermama Nepton Guild . hal yang pertama terjadi di dalam suatu perlombaan pada waktu itu yaitu tahun 1834 perlombaab atletik pesertanya harus lewat limit yang ditentukan oleh panitia, misal untuk lari 440 yard (400m) limit yang ditentukan oleh panitia adalah 60 detik sedangkan untuk lari 1 mil (1500m) limitnya adalah 5 menit.
    - Pertama kali perlombaan atletik  antar mahasiswa di lombakan pada tahun 1850 dan pada tahun 1855 di cambridge perlombaab atletik antar negara kususnya antar negara inggris dan perancis.
Sumber foto : bbc.com

Nama : Upsala
Alamat : Bräckegatan 5 , Vällingby , Stockholm , SWEDIA
Cabang Olah raga : Renang
Mulai didirikan : Tahun 1796
Keterangan : - Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di “gua perenang” yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. 
    - Pada tahun 1796 klub renang pertama yang didirikan untuk tujuan perlombaan renang dan olimpiade ditemukan di Upsala, Swedia. Namanya Uppsala Sweden. Hingga kini, salah satu  klub olah raga tertua ini masih ada.
Sumber foto : swimia.com

Nama : Kilwinning Sport Club
Alamat : WMcGill, 41 Underwood, KilwinningAyrshire, KA 13 7 HS, Scotlandia, Inggris
Cabang Olah raga : Panahan
Mulai didirikan : Tahun 1483
Keterangan : - Panah mulai sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sejak zaman Mesolitik 5000-7000 tahun silam. Panahan awalnya juga tak dianggap olahraga, melainkan kegiatan berburu atau alat mempertahankan diri. Negara pertama yang mulai menganggap panahan olahraga adalah Inggris. Pada 1676, Raja Charles II menggelar perlombaan panahan.Sejak  tahun 1844, negeri kerajaan ini mulai menyelenggarakan kejuaraan nasional panahan yang diberi nama Grand National Archery Society (GNAS) yang kemudian diikuti oleh Amerika Serikat yang memulai debut kejuaraan nasional di Chicago pada tahun 1879.
    - Panahan punya sejarah panjang sebagai olahraga. Klub pemanah asal Skotlandia, Kilwinning, dibentuk pada 1483 dan jadi salah satu klub olahraga tertua di dunia.
Federasi Panahan Internasional (FITA) didirikan pada 1931. Kejuaraan Dunia pertama berlangsung di tahun yang sama. Sejak 1941, panahan mulai tumbuh jadi olahraga internasional. 
Sumber foto : kilwinningarchers.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×