kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Mudah Ciptakan Rumah Minimalis Impian


Senin, 10 Desember 2018 / 15:23 WIB
5 Cara Mudah Ciptakan Rumah Minimalis Impian
Dekorasi Ideal untuk Rumah Berukuran Minimalis

Sumber: Commercial Content | Editor: Indah Sulistyorini

Tren desain rumah selalu berubah dari waktu ke waktu. Jika dulu Anda melihat bahwa desain rumah klasik menjadi pilihan, kini desain rumah minimalis yang banyak diminati oleh orang-orang. Ada banyak sekali buku atau majalah yang menjadi referensi dari desain rumah minimalis ini, Anda pun bisa mengikutinya untuk diaplikasikan ke rumah sendiri.

Dari banyaknya referensi dan panduan yang diberikan, berikut rangkuman 5 cara mudah untuk menciptakan rumah minimalis impian Anda dan keluarga:

1. Tetapkan satu pusat perhatian

Meski disarankan untuk menggunakan warna netral pada dinding ruangan, Anda tetap bisa melakukan eksplorasi pada furnitur di dalamnya dengan menjadikan satu item furnitur sebagai highlight ruangan tersebut. Karena dinding berwarna netral, Anda bisa menambahkan satu warna kontras seperti merah atau warna cerah lainnya untuk sofa minimalis dan menawan khas Dekoruma agar ruangan terasa lebih hidup.

Keberadaan sofa minimalis ini akan membuat ruangan tampak seperti sebuah karya seni yang menarik. Bayangkan, seluruh ruangan berwarna netral dan hanya sofa minimalis ini yang memiliki warna berbeda yang menyala.

Jangan terlalu banyak menambahkan furnitur dengan warna kontras. Anda cukup memiliki satu benda di dalam ruangan yang dijadikan pusat perhatian. Jika tidak, ruangan akan kehilangan kesan minimalisnya.

2. Singkirkan prinsip “dibuang sayang”

Sebagian orang mengaku sayang membuang barangnya meskipun barang-barang tersebut telah jarang digunakan. Hal inilah yang menyulitkan Anda untuk mewujudkan rumah minimalis. Barang yang sudah lama tidak dipakai ini tentu saja mengambil banyak ruang dan membuat rumah terasa lebih sempit dan menimbulkan kesulitan dalam membenahi rumah agar terlihat rapi.

Cara mudah untuk menentukan barang mana yang akan disingkirkan adalah dengan mengingat kapan terakhir ia digunakan. Untuk barang yang tidak digunakan lebih dari 3 bulan lamanya, barang tersebut sudah layak untuk disingkirkan. Tak perlu dibuang begitu saja, Anda bisa menjualnya sebagai barang bekas atau memberikannya pada yang membutuhkan.

3. Pilih benda dengan fungsi ganda

Buang kebiasaan belanja furnitur hanya karena tampilannya yang cantik. Furnitur ada bukah hanya untuk faktor estetika, namun untuk melayani suatu fungsi. Anda harus memilih furnitur atau benda yang memiliki fungsi lebih dari satu. Hal ini bukan saja hanya akan menghemat uang Anda, namun juga dapat menghemat tempat untuk menghindari ruangan terlihat sesak. Misalnya saja, furnitur dwifungsi seperti sofa bed untuk bersantai dan menyambut tamu. Ini berlaku jika Anda menggunakan satu ruangan sebagai ruang tamu dan ruang keluarga sekaligus.

Selain sofa bed, benda lain yang memiliki fungsi ganda adalah tempat tidur. Pilih tempat tidur yang bagian bawahnya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan di dalam kamar, karena siapa yang tidak suka produk yang menawarkan kemudahan 2 in 1?

Sebenarnya, ada cara lain yang lebih mudah selain mencoba mengatur sendiri rumah Anda agar terkesan modern dan minimalis. Anda bisa menggunakan jasa desain interior yang terpercaya. Dekoruma misalnya, menyediakan jasa design interior kompeten dan terampil yang berisikan para ahli dan menyediakan gratis biaya desain! Jadi, menciptakan rumah minimalis pun bukan lagi sebuah impian.

4. Gunakan tone warna netral

Warna yang digunakan untuk dinding dan berbagai furnitur dalam ruangan sangat menentukan apakah rumah terlihat segar dan minimalis atau tidak. Tone warna yang terlalu ramai bisa membuat ruangan terkesan lebih sempit karena tidak ada fokus yang jelas dalam satu ruangan.

Warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu tak pernah mengecewakan untuk digunakan dalam sebuah ruangan minimalis, misalnya ruang keluarga. Dengan menggunakan warna netral pada dinding, Anda bisa lebih mudah mengatur warna pada furnitur atau benda lain dalam ruangan seperti tirai dan kabinet. Jika sudah mengikuti langkah ini, Anda tentu akan tenggelam dalam keasyikan menghias ruangan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×