Tips Sehat

5 Cara mencegah jerawat terbaik yang bisa Anda lakukan

Rabu, 28 Oktober 2020 | 08:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mencegah jerawat terbaik yang bisa Anda lakukan

ILUSTRASI. Cara mencegah jerawat perlu dilakukan agar Anda tak mengalami maslaah kulit yang serius.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang pernah dialami oleh hampir setiap orang. Meski tak menimbulkan masalah kesehatan lain, tapi kemunculan jerawat bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu, cara mencegah jerawat berikut ini patut Anda lakukan.

Jaga Kebersihan Wajah

Jerawat muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak atau jenis kotoran lain. Hal itu semakin parah saat bakteri penyebab jerawat menginfeksi. Untuk mencegah terjadinya hal itu, menjaga kebersihan kulit penting untuk dilakukan.

Meski demikian, Healthline (healtline.com) mengatakan bahwa mencuci wajah lebih dari dua kali sehari justru dapat membuat kondisi jerawat semakin parah. Terlalu banyak mencuci wajah justru menghilangkan minyak alami wajah. Jangan lupa untuk memakai sabun cuci wajah tanpa alkohol, ya.

Ketahui Tipe Kulit

Semua jenis kulit pasti memiliki resiko mengalami jerawat, tapi kulit berminyaklah yang paling beresiko mengalami masalah kulit itu. Kulit berminyak memproduksi minyak berlebih sehingga jerawat menjadi lebih mudah muncul.

Baca Juga: Cara menghilangkan bekas jerawat ini bisa memakai bahan alami

Mengetahui tipe kulit Anda berpengaruh pada pemilihan produk perawatan yang digunakan. Misalnya, kulit berminyak membutuhkan produk perawatan non-comedogenic agar pori-pori kulit tak semakin tersumbat.

Hindari Dehidrasi

Cara mencegah jerawat lainnya adalah dengan menghindari dehidrasi. Saat dehidrasi, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menjaga kelembaban. Tak hanya itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan kulit meradang dan terlihat kusam.

Healthline merekomendasikan agar Anda minum delapan gelas air putih setiap hari. Jumlah tersebut bisa ditingkatkan jika ada faktor lain yang meningkatkan resiko dehidrasi. Misalnya, setelah olahraga, hamil dan menyusui, atau berada di lingkungan yang lembab.

Batasi Penggunaan Make Up

Bagi sebagian orang, menggunakan make up adalah suatu kewajiban. Rasanya ada yang kurang saat keluar rumah tanpa memakai make up. Namun, menggunakan make up terlalu banyak tak baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 4 Tips memilih pelembab untuk kulit berjerawat

Penggunaan make up mampu membuat pori-pori semakin terseumbat. Cara mencegah jerawat adalah dengan membatasi penggunaan make up. Namun, jika Anda terpaksa harus menggunakan riasan wajah, pilihlah perlengkapan make up tanpa pewangi, non-comedogenic, dan tidak berminyak.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Menghindari paparan sinar matahari terlalu banyak bisa jadi cara mencegah jerawat.

Selain kurang minum air putih, terlalu sering terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit menjadi dehidrasi. Hasilnya, produksi minyak semakin meningkat sehingga pori-pori semakin tersumbat.

Tak hanya itu, terpapar sinar matahari terlalu banyak meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Untuk menghindari hal itu, usahakan untuk memakai sunscreen. Gunakan sunscreen non-comedogenic dan tidak mengandung minyak.

Selanjutnya: 3 ​Manfaat madu untuk wajah, bisa cerahkan kulit dan obati jerawat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru