4 Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan

Rabu, 16 September 2020 | 12:21 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara meninggikan badan yang bisa Anda lakukan

ILUSTRASI. Olahraga rutin bisa jadi cara meninggikan badan. Foto Dok Laila Munaf

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara meninggikan badan mungkin Anda perlukan untuk mendapat postur tubuh yang ideal. Beberapa faktor harus diperhatikan agar hasil yang Anda dapat bisa maksimal.

Mengutip dari Healthline, faktor gen berperan sebanyak 60% hingga 80% pada tinggi badan maksimal. Sisanya ditentukan oleh faktor lingkungan, misalnya nutrisi dan olahraga.

Sejak usia satu tahun, kebanyakan orang bertambah tinggi sebanyak 2 inci setiap tahun. Setelah melewati pubertas, tinggi badan bisa bertambah sebanyak 4 inci setiap tahun. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan tinggi tiap orang berbeda-beda.

Pada umumnya, tinggi badan seseorang tak lagi bertambah setelah dewasa. Namun, masih ada beberapa cara meninggikan badan dengan memperhatikan faktor-faktor berikut.

Baca Juga: Hubungan lari dan tinggi badan sekadar mitos?

Konsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang seimbang merupakan hal penting untuk menambah tinggi badan. Sebaiknya, lengkapi makanan sehari-hari dengan buah, sayur, protein, dan makanan yang terbuat dari susu (dairy product).

Di sisi lain, hindari makanan tak sehat, seperti gula dan makanan berlemak. Tinggi badan seseorang juga bisa berkurang karena kondisi medis tertentu. Anda bisa mengatasinya dengan menambah asupan kalsium.

Healthline merekomendasikan wanita berusia lebih dari 50 tahun dan pria berusia lebih dari 70 tahun untuk mengonsumsi 1.200 mg kalsium setiap hari. Vitamin D juga mampu menambah kesehatan tulang. Anda bisa mendapatnya dari tuna, susu, kuning telur, hingga suplemen.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru