Kecantikan & Kebugaran

4 Cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan

Kamis, 24 September 2020 | 11:23 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan

ILUSTRASI. Ada beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan produk perawatan yang dijual di pasaran, hingga memakai bahan-bahan alami. Sebelum itu, pastikan untuk memahami penyebab munculnya jerawat terlebih dahulu.

Medical News Today mengatakan bahwa ada empat penyebab umum munculnya jerawat. Pertama, kulit memproduksi terlalu banyak minyak sehingga menyumbat pori-pori. Kedua, Sel kulit mati yang menumpuk dan tidak dibersihkan juga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Ketiga, jerawat juga bisa disebabkan oleh bakteri bernama propionibacterium acnes. Keempat, kulit yang meradang juga bisa sebabkan munculnya jerawat. Selain berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa mencoba cara menghilangkan jerawat berikut.

Cuci Wajah Secara Rutin

Mencuci wajah secara rutin adalah cara menghilangkan jerawat yang tak boleh disepelekan. Seperti yang telah dikatakan, pori-pori tersumbat merupakan penyebab munculnya jerawat. Untuk menghindari hal itu, usahakan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali dalam sehari.

Namun, pastikan untuk tidak mencuci wajah secara berlebihan karena minyak alami wajah bisa hilang. Jangan lupa juga untuk memilih sabun cuci yang sesuai dengan kondisi kulit wajah, ya.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Perhatikan Kondisi Rambut

Menjaga kebersihan rambut juga bisa jadi cara menghilangkan jerawat.

Minyak rambut yang tak sengaja tertempel di wajah juga bisa menyebabkan jerawat. Maka dari itu, usahakan agar rambut tak mengenai wajah saat melakukan aktivitas sehari-hari. Rajin mencuci rambut juga bisa Anda lakukan agar jerawat tak semakin parah.

Medical News Today mengingatkan pula agar produk perawatan rambut, seperti hair spray atau hair gel tak mengenai wajah karena bisa menyumbat pori-pori.

Jangan Memencet Jerawat

Munculnya jerawat memang cukup mengganggu dan membuat Anda tak sabar untuk menghilangkannya. Kebiasaan yang dilakukan banyak orang adalah memencet jerawat.

Sebaiknya, Anda tak melakukan hal itu karena bisa memperparah kondisi jerawat. Memencet jerawat justru membuat kulit meradang sehingga jerawat sulit hilang dan meninggalkan bekas nantinya.

Baca Juga: 3 Cara efektif menghilangkan bekas jerawat, bisa pakai bahan alami

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Beberapa jenis makanan bisa memperburuk kondisi jerawat yang Anda miliki. Menurut American Academy of Dermatology, makanan yang mengandung banyak indeks glikemik (makanan dengan karbohidrat tinggi) meningkatkan risiko jerawat. Misalnya, kue atau produk olahan susu.

Selanjutnya: 3 Cara menghilangkan jerawat secara alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru