Kesehatan Umum

4 Cara mengatasi stres di tengah pandemi virus corona

Sabtu, 19 September 2020 | 15:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi stres di tengah pandemi virus corona

KONTAN.CO.ID - Rasa takut di tengah pandemi virus corona baru memang tak bisa dihindari, apalagi bagi Anda yang sudah memiliki gangguan kecemasan (anxiety disorder) sebelumnya.

Namun, bukan berarti Anda tak bisa melakukan apaun. Anda bisa mencoba cara mengatasi stres saat pandemi virus corona dengan cara berikut:

Tetap cari informasi, tapi jangan berlebihan

Cara mengatasi stres pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi informasi yang Anda akses. Mendapat informasi terkini selama pandemi virus corona memang penting, tapi Anda tak perlu berlebihan dalam melakukannya.

Menurut Help Guide, Anda harus mengakses informasi dari sumber terpercaya saja. Misalnya, dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian Penyakit (CDC), atau sumber informasi terpercaya lainnya yang pemerintah sediakan.

Banyak media yang memberitakan kabar pandemi virus corona secara terus-menerus. Anda perlu membatasi diri dari berita tersebut agar tidak mudah stres dan cemas.

Selain itu, pastikan untuk menyebar berita virus corona yang sudah terbukti kebenarannya. Hindari menyebar rumor yang membuat panik.

Baca Juga: 6 Tips produktif saat WFH selama pandemi virus corona

Fokus pada hal yang bisa dikontrol

Cara mengatasi stres akibat virus corona lainnya adalah fokus pada hal-hal yang bisa Anda kontrol. Ada banyak hal yang tak bisa Anda kontrol, seperti berapa lama pandemi berlangsung, bagaimana sikap orang lain, dan apa yang akan terjadi di lingkungan sekitar.

Dibanding berfokus pada hal yang tak bisa Anda kontrol, Help Guide menyarankan, agar Anda fokus pada hal yang bisa atur. Misalnya, tidak keluar rumah untuk hal yang tak perlu, menggunakan masker dan menjaga jarak saat berkegiatan di luar rumah, dan rajin menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

Tetap jalin komunikasi dengan orang lain

Salah satu protokol kesehatan yang wajib Anda terapkan selama pandemi virus corona adalah physical distancing atau jaga jarak. Hal itu menyebabkan banyak orang, termasuk Anda, merasa kesulitan untuk bertemu dengan orang lain.

Cara mengatasi stres saat pandemi bisa Anda lakukan dengan tetap menjaga komunikasi. Atur jadwal video call bersama teman, sahabat, dan anggota keluarga yang lain. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur media sosial agar tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Baca Juga: Catat, stres karena virus corona sulit hilang hanya dengan aktivitas fisik

Jaga kesehatan

Selain itu, cara mengatasi stres di tengah pandemi virus corona, melansir Help Guide, adalah menjaga kesehatan tubuh. Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya, pola makan teratur, rajin meditasi, dan mendapat waktu istirahat yang cukup.

Selanjutnya: Ini 7 kegiatan yang bermanfaat bagi tubuh selama pandemi corona

Editor: Belladina Biananda


Terbaru