Kesehatan Umum

4 Cara menebalkan rambut paling efektif

Rabu, 28 Oktober 2020 | 10:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menebalkan rambut paling efektif

ILUSTRASI. Ada banyak cara menebalkan rambut yang bisa Anda coba./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut tipis sering kali membuat tampilan seseorang menjadi kurang maksimal. Ada banyak hal yang menyebabkan rambut seseorang menjadi tipis, mulai dari keseimbangan hormon hingga pola hidup. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mencoba cara menebalkan rambut berikut ini.

Ketahui Penyebabnya

Cara menebalkan rambut bisa dimulai dengan mengidentifikasi penyebabnya terlebih dahulu. Seperti yang telah dikatakan, ketidakseimbangan hormon bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan rambut Anda tipis.

Mengutip dari Byrdie (byrdie.com), jumlah estrogen yang maksimal membuat rambut tubuh dengan lebat. Namun, saat jumlah estrogen berkurang, rambut bisa rontok sehingga terlihat lebih tipis. 

Beberapa kondisi di mana jumlah estrogen berkurang adalah menopause, wanita yang baru melahirkan, ketidakseimbangan tiroid, dan stres. Beberapa kondisi memang tidak bisa dibenahi dengan mudah.

Namun, Anda masih bisa mengusahakannya dengan berkonsultasi pada dokter. Mengelola stres dengan baik juga jadi cara agar rambut tak rontok terlalu banyak.

Baca Juga: 4 Penumbuh rambut dari bahan-bahan alami

Konsumsi Alpukat

Cara menebalkan rambut selanjutnya adalah dengan mengonsumsi alpukat secara rutin. Dalam sebuah alpukat, Anda bisa mendapat banyak nutrisi. Mulai dari serat, vitamin A, vitamin C, folat, vitamin E, potasium, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lemak sehat yang mampu mencegah rambut rontok. Nutrisi itu akan meredakan peradangan pada kulit kepala sehingga menstimulus pertumbuhan rambut. Selain alpukat, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya lemak sehat, seperti salmon atau telur.

Hindari Suhu Panas

Cara menebalkan rambut bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan alat penata rambut bersuhu panas.

Memakai berbagai macam alat bersuhu tinggi untuk menata rambut memang menarik untuk dicoba. Namun, alat-alat tersebut dapat membuat rambut menjadi kering. Hal itu akan membuat rambut terlihat semakin tipis dan rapuh.

Byrdie merekomendasikan Anda agar menghindari alat-alat tersebut. Jika Anda memang harus menggunakan alat penata rambut, pastikan untuk memakai heat protectant terlebih dahulu agar kondisi rambut tetap terjaga.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan ketombe secara alami

Pilih Sampo yang Tepat

Selain cara-cara di atas, cara menebalkan rambut juga bisa Anda lakukan dengan memilih sampo yang tepat. Usahakan untuk memakai sampo yang tak mengandung sulfat. Kandungan tersebut memang efektif membersihkan kotoran di rambut, tapi minyak alami rambut juga ikut terbuang karenanya.

Saat minyak alami rambut hilang, rambut akan rapuh dan mudah rontok sehingga terlihat lebih tipis. Anda bisa memilih sampo lain yang tidak mengandung sulfat agar rambut terlihat semakin tebal.

Selanjutnya: 4 Cara melebatkan rambut bayi terbaik yang bisa dicoba

Editor: Belladina Biananda


Terbaru