Tips Sehat

3 obat anemia alami yang mudah didapatkan

Jumat, 07 Agustus 2020 | 15:01 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 obat anemia alami yang mudah didapatkan

ILUSTRASI. Alpukat menjadi salah satu obat anemia alami yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak sedikit orang yang menderita penyakit anemia. Selain menggunakan obat dari dokter, Anda juga bisa mengonsumsi obat anemia alami.
Penyakit ini menyebabkan penderitanya merasa kelelahan secara konstan, pusing, muka pucat, dan otot lemah. Dalam beberapa kasus, anemia juga menyebabkan depresi dan hilangnya memori.

Anemia dibedakan berdasarkan penyebab dan efeknya dalam komposisi darah. Mengutip dari Herba Zest (herbazest.com), anemia bisa disebabkan karena genetik berupa masalah malabsorpsi atau dipicu karena kekurangan nutrisi.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga, pakai bahan alami ini

Masalah malabsorpsi terjadi dalam beberapa kasus, misalnya anemia megaloblastic. Operasi atau jenis perawatan medis lainnya menghalangi sintesis atau penyimpanan vitamin B12 dan asam folat. Sedangkan kekurangan nutrisi biasanya berhubungan dengan kurangnya vitamin B12 dan zat besi.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia karena zat besi adalah mineral penting untuk produksi hemoglobin. Menggunakan obat anemia alami bisa Anda jadikan pilihan. Herba Zest menyebutkan ada 3 bahan alami yang bisa Anda gunakan, yaitu alpukat, peterseli, dan lemon.

Alpukat

Alpukat adalah salah satu obat anemi alami dengan kandungan zat besi yang tinggi. Alpukat sangat cocok dimasukkan dalam menu makan setelah menjalani operasi. Kandungan vitamin B9 dalam alpukat juga bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah asam folat.

Peterseli

Peterseli merupakan bahan alami yang terkenal dari daerah mediteranian. Herba Zest menyebutkan bahwa peterseli bisa dipakai sebagai obat anemia alami yang ampuh karena adanya kandungan zat besi yang sangat banyak. Anda bisa mengonsumsi peterseli dalam bentuk jus atau teh sebagai pengganti suplemen tambah darah.

Baca Juga: 3 obat penghilang bekas jerawat ampuh yang bisa Anda buat di rumah

Lemon

Herba Zest menyebutkan bahwa menambah zat besi dalam makanan yang Anda konsumsi bisa sia-sia bisa mineral tersebut tidak bisa diserap oleh tubuh. Lemon yang kaya akan vitamin C mampu membuat zat besi terserap dengan baik.

Obat anemia alami ini bisa membantu mengatasi penyakit yang Anda derita. Anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi bisa diatasi dengan menggunakan obat anemia alami itu. Dengan mengonsumsinya secara rutin, energi Anda menjadi meningkat dan kesehatan tubuh dan pikiran menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru