3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

Kamis, 13 Agustus 2020 | 10:14 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru dengan cara alami

ILUSTRASI. Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru bisa menggunakan air garam. ANTARA FOTO/Moch Asim/pras/15

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru perlu dilakukan agar Anda merasa nyaman. Apalagi jika dahak tersebut disertai dengan gejala lain, seperti batuk, sulit tidur, dan sakit tenggorokan. Selain memerikasakan diri ke dokter, Anda juga bisa memakai bahan alami untuk mengatasi masalah itu, lo.

Sebelum mengetahui cara mengeluarkan dahak dari paru-paru, ada baiknya untuk mengenal dulu faktor penyebab hal itu bisa terjadi. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), dahak di paru-pru bisa disebabkan karena asma, alergi, infeksi virus atau bakteri, dan lain-lain.

Baca Juga: Hati-hati! Dampak virus corona bisa lebih parah karena penyakit gusi

Penyakit lain, seperti bronkitis kronis atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), juga bisa jadi penyebab munculnya dahak di paru-paru. Seperti yang dikatakan, cara mengeluarkan dahak dari paru-paru bisa memakai bahan alami. Medical News Today menyebutkan beberapa bahan alami yang bisa Anda coba.

Air Hangat

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bisa membuat dahak cepat keluar melalui batuk. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 menunjukkan bahwa air hangat bisa menanggulangi penyumbatan karena dahak.

Gejala lain, seperti bersin, batuk, demam, dan sakit tenggorokan juga bisa diobati dengan air hangat. Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi kuah sup, teh hijau atau teh hitam tanpa kafein, teh herbal, atau air hangat biasa.

Uap

Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru selanjutnya adalah dengan menggunakan uap. Anda bisa menggunakan humidifier saat tidur di malam hari. Medical News Today merekomendasikan agar Anda menutup jendel dan pintu agar efeknya semakin terasa.

Baca Juga: 3 Penyebab sakit punggung pada wanita yang umum terjadi

Humidifier harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari virus, bakteri, atau patogen lain yang bisa memperparah penyakit Anda. Selain menggunakan humidifier, Anda juga bisa menghirup uap dari air panas yang Anda letakkan di mangkuk, atau mandi menggunakan air hangat.

Air Garam

Cara mengeluarkan dahak dari paru-paru selanjutnya adalah dengan memakai air garam. Berkumur menggunakan air garam bisa menghilangkan lendir dan dahak.
Tambahkan setengah sendok teh garam dalam segelas air, kemudian aduk. Kumur menggunakan larutan itu beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru