kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

12 Manfaat brokoli, menyehatkan otak hingga pencegah kanker


Senin, 17 Mei 2021 / 15:42 WIB
12 Manfaat brokoli, menyehatkan otak hingga pencegah kanker
ILUSTRASI. 12 Manfaat brokoli, menyehatkan otak hingga pencegah kanker.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat brokoli, mengingat kandungannya vitamin dan mineral di dalamnya. Brokoli adalah sayuran hijau yang masih satu keluarga dengan kembang kol. 

Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara ditumis, dikusus, direbus, atau diolah menjadi campuran masakan lain seperti sup. Brokoli juga bisa dikonsumsi dengan cara diblender.

Berikut 12 manfaat brokoli sebagaimana dikutip dari Healthline:

1. Kaya vitamin dan mineral

Salah satu keunggulan brokoli adalah kandungan nutrisinya. Sayuran ini sarat dengan beragam vitamin, mineral, serat, dan senyawa bioaktif lainnya.

Dalam setiap 91 gram brokoli mengandung karbohidrat 6 gram, protein 2,6 gram, dan lemak 0,3 gram.

Manfaat sayur brokoli juga terkait kandungan vitamin di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K. Mineral penting dalam brokoli seperti fosfor, selenium, dan kalium.

2. Sumber antioksidan

Kandungan antioksidan yang menjadi manfaat brokoli terbilang cukup tinggi. Antioksidan adalah molekul yang menghambat atau menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Hal ini dapat mengurangi peradangan dan efek perlindungan kesehatan secara keseluruhan. Brokoli memiliki kadar glukoraphanin yang tinggi, senyawa yang diubah menjadi antioksidan kuat yang disebut sulforaphane dalam pencernaan.

Brokoli juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam jumlah cukup, yang dapat mencegah stres dan kerusakan sel mata.

Baca Juga: Harus rutin dikonsumsi, ini daftar makanan untuk mencegah kanker

3. Mengurangi peradangan

Manfaat sayur brokoli yakni mengandung berbagai senyawa bioaktif yang telah terbukti mengurangi peradangan di jaringan tubuh.

Kaempferol dan flavonoid dalam brokoli, sudah terbukti menjadi senyawa yang berperan sebagai anti-inflamasi.

Sebuah penelitian kecil pada para perokok juga mengungkapkan bahwa makan brokoli menyebabkan penurunan gejala peradangan yang signifikan.

4. Cegah kanker

Sayuran jenis Cruciferous, seperti brokoli, mengandung berbagai senyawa bioaktif yang dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan sayuran cruciferous dapat melindungi dari jenis kanker tertentu seperti kanker payudara, prostat, lambung, dan kandung kemih.

Namun demikian, masih diperlukan beberapa penelitian yang menunjukan manfaat brokoli bisa untuk menyembuhkan dan mencegah kanker.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat sayur brokoli dapat membantu tubuh mengontrol gula darah yang lebih baik pada penderita diabetes.

Satu penelitian pada manusia menunjukkan penurunan resistensi insulin secara signifikan pada orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi brokoli setiap hari selama satu bulan.

Brokoli juga merupakan sumber serat yang baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan serat makanan yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan gula darah.

Baca Juga: Ini 3 cara sederhana menurunkan berat badan dengan cepat




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×