kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow! Minum kopi bisa meningkatkan imun tubuh


Senin, 18 Mei 2020 / 15:21 WIB
Wow! Minum kopi bisa meningkatkan imun tubuh


Sumber: Kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID -  Segelas kopi hangat jadi teman setia sebagian besar masyarakat. Apakah Anda tahu, minum kopi bisa menikatkan imun alias daya tahan tubuh?  
Kopi telah menjadi minuman favorit banyak orang. Bahkan, minuman berkafein ini telah menjadi gaya hidup tersendiri. 

Entah sebagai penghilang kantuk atau teman saat bersantai, kopi menjadi pilihan favorit. Namun, tahukah Anda minuman berkafein ini juga membantu kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh? 

Melansir laman Copeman Health Care, minum kopi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. 

Baca Juga: Tingkatkan imun tubuh dengan konsumsi makanan ini secara rutin

Ahli gizi Ashley Reaver juga mengatakan, kandungan antioksidan dalam kopi membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memerangi inflamasi. 
"Secangkir atau dua cangkir kopi per hari membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ucap Reaver, dilansir dari laman theraflu. 

Kandungan antioksidan di dalam kopi juga membantu mengurangi risiko jenis kanker tertentu, masalah kesehatan jantung, diabetes, osteoporosis dan penyakit neurologis. 

Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam riset yang diterbitkan Pharmacology & Therapeutics di tahun 2006. Dalam riset tersebut, terungkap bahwa kafein dalam kopi dapat menekan produksi sitokin pro-inflamasi yang memiliki manfaat antibodi sehingga berefek positif pada pasien dengan penyakit radang kronis seperti radang sendi atau psoriasis. 
Namun, manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar, yaitu tiga hingga empat cangkir. 

Efek konsumsi kopi berlebihan Pasalnya, konsumsi kopi berlebihan bisa berefek negatif pada tubuh karena kandungan kafein di dalamnya. Melansir laman Copenman Health Care, terlalu banyak kafein dapat menurunkan kemampuan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi. 

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan dapat meningkatkan hormoin kortisol yang bisa meningkatkan kadar gula, kolesterol, dan trigliserida dalam darah. 

Mengkonsumsi kafein dosis tinggi juga dapat menyebabkan atau memperburuk serangan panik, kecemasan, gelisah, gugup, susah tidur, sakit perut, takikardia, mudah tersinggung, dan kecanduan. 

Kafein dalam kopi juga bisa menyebabkan insomnia. Melansir The Health Site, kafein dalam kopi dapat memblokir reseptor adenosin di otak. Inilah yang menjadikan kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas.  
Sayangnya, efek tersebut dalam jangka panjang bisa menyebabkan insomnia. Padahal, kurang tidur bisa meningkatkan kadar kortisol yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. 

Bagi ibu hamil, konsumsi kafein berlebihan juga bisa meningkatkan risiko bayi dengan berat lahir rendah. (Ariska Puspita Anggraini) 

Baca Juga: Wow! Berikut manfaat wedang jahe merah untuk kesehatan tubuh Anda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kopi Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Kok Bisa?", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×