kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspadai gejala diabetes saat berat badan turun


Kamis, 20 Agustus 2020 / 15:29 WIB
Waspadai gejala diabetes saat berat badan turun
ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan, test gula darah, Jakarta (03/11). Kontan/Alri kemas


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Berat badan turun tak selalu menjadi kabar baik bagi para penderita obesitas atau siapa saja yang sedang mendambakan penurunan berat badan. Pasalnya, berat badan turun bisa menjadi gejala diabetes yang patut diwaspadai.

Salah satu founder Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), Prof. Dr. dr. Sri Hartini KS Kariadi, Sp.PD-KEMD., menjelaskan ketika tubuh tidak bisa mendapatkan energi yang cukup dari gula karena kurang insulin, sel-sel seolah-olah akan berteriak, “toloooong gak ada energi nih……!”.

Dengan heboh, tubuh pun akan bergegas mengolah zat-zat lain di dalam tubuh untuk diubah menjadi energi. Zat-zat yang diubah tersebut adalah lemak dan protein.

Baca Juga: Waspadai 9 penyebab tekanan darah tinggi

Dalam bukunya Diabetes? Siapa Takut!! (2009), dr. Sri Hartini mengungkapkan, apabila hal tersebut berlangsung cukup lama, orang bisa jadi akan tampak kurus dan berat badannya turun.

Seperti diketahui, gula adalah bahan bakar utama untuk pembentukan energi di dalam tubuh. Di dalam sel, gula akan diolah menjadi energi atau tenaga untuk kebutuhan mendadak, dan sebagian akan disimpan agar dapat dipakai pada suatu waktu nanti.

Sementara, pada penderita diabetes, terdapat masalah dengan insulin, mungkin karena jumlah insulin yang kurang, efek kerja insulin dalam hal memasukkan gula ke dalam sel tidak sempurna, atau kedua-duanya, sehingga gula darah tetap akan tinggi.

Kadar gula darah yang tinggi ini pun dapat “meracuni” dan menyebabkan rasa lemah dan tidak sehat, serta menyebabkan komplikasi dan gangguan metabolisme yang lain.

Baca Juga: Ini 5 ciri-ciri bila gula darah Anda sedang naik

Maka dari itu, pada penderita diabetes, penurunan berat badan biasanya akan disertai dengan beragam gejala lain, seperti:

1. Sering sekali buang air kecil dengan volume yang banyak (poliuri)

Mengapa terjadi poliuri? Jika kadar gula darah melebihi nilai ambang ginjal (>180 mg/dl), gula akan keluar bersama urine.

Untuk menjaga agar urine yang keluar tidak terlalu pekat (karena mengandung gula), tubuh akan menarik air sebanyak mungkin ke dalam urine, sehingga volume urine yang keluar banyak dan kencing pun menjadi sering.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×