kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, gejala virus corona bisa ditandai dengan penyakit kulit ini


Sabtu, 07 November 2020 / 02:15 WIB
Waspada, gejala virus corona bisa ditandai dengan penyakit kulit ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Biasanya, infeksi virus corona baru ditandai dengan gejala yang mirip dengan infeksi virus flu. Namun, penelitian terbaru menunjukkan, Covid-19 bisa ditandai dengan penyakit kulit. Ruam muncul karena pembuluh darah yang mengalami kerusakan.

Mengutip dari Bestlifeonline.com, tanda infeksi virus corona tersebut merupakan hasil analisis dari pasien Covid-19 yang mengalami gejala selama lebih dari 60 hari. Kebanyakan pasien terinfeksi virus corona dilarikan ke rumah sakit dan mengalami kemunculan ruam.

Penelitian tersebut dilaksanakan oleh European Academy of Dermatology and Veneorology. Dari 990 pasien yang dilibatkan dalam analisis, setiap pasien yang menderita retiform purpura dirawat di rumahsakit.

Kerusakan vaskular dialami oleh sebagian besar penderita Covid-19. Artinya, virus corona sudah menginfeksi organ-organ tubuh terlalu dalam. Hasilnya, pola berbentuk jaring muncul di bawah kulit sehingga penggumpalan darah menjadi lebih parah.

Kondisi kulit pasien terinfeksi virus corona bisa jadi tanda bagaimana kondisi kesehatan organ di dalam tubuhnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda yang bisa muncul di kulit seperti berikut ini.

Baca Juga: Virus Corona mampu menyerang otot jantung secara langsung

Perhatikan ibu jari kaki

Chilblain bisa jadi salah satu gejala Virus Corona.

Menurut Bestlifeonline.com, kondisi ibu jari kaki bisa jadi petunjuk gejala infeksi virus corona.

Jika Anda memiliki chilblain, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke tenaga kesehatan. Chilblain adalah inflamasi yang terjadi pada pembuluh darah di sekitar ibu jari kaki.

Anda bisa mendapati chilblain dalam bentuk luka berwarna merah, iritasi, dan meradang. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir. Hanya 16% pasien Covid-19 dengan chilblain yang perlu dirawat di rumahsakit.

Eritema

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala Covid-19, apalagi saat ada ruam kering dan bersisik yang muncul di kulit. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa Anda mengalami eritema.

Jenis ruam ini muncul dalam berbagai warna, seperti merah, merah muda, ungu, dan cokelat.

Baca Juga: Catat, inilah 5 gejala virus corona yang perlu diperhatikan

Biduran

Melansir dari Bestlifeonline.com, biduran jadi gejala terinfeksi virus corona yang perlu Anda waspadai. Anda perlu berkonsultasi pada dokter tentang kondisi kulit apapun yang Anda alami, apalagi jika Anda tak memiliki alergi sebelumnya.

Gangguan papulosquamous

Gejala Covid-19 lain yang bisa Anda alami adalah gangguan papuloquamous. Biasanya, gangguan itu muncul dalam bentuk ruam merah dan bersisik.

Para dokter percaya, kondisi itu muncul akibat pro-inflammatory berlebih sitokin sebagai respons imun terhadap serangan virus corona.

Selanjutnya: Hasil penelitian, tubuh kebal virus corona selama 5 bulan setelah sembuh Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×