kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips untuk ibu menyusui, inilah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi


Jumat, 03 Juli 2020 / 10:42 WIB
Tips untuk ibu menyusui, inilah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi
ILUSTRASI. Ada makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan bayi adalah dengan Air Susu Ibu atau biasa disebut ASI. Ibu menyusui bisa memberikan makanan yang aman untuk buah hati. Asi memiliki kandungan antibodi yang membantu meningkatkan sistem imun bayi.

Menurut rekomendasi yang diberikan oleh who.int, sebaiknya bayi diberi asi selama minimal enam bulan. Namun, sayangnya dua dari tiga ibu menyusui tidak mengikuti rekomendasi tersebut.

Baca juga: Kesempatan terakhir kirim lamaran untuk lowongan kerja di Damri, ada empat posisi

Padahal, bayi yang diberikan asi selama minimal enam bulan memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah bayi memiliki kemungkinan lebih kecil terserang obesitas dan diabetes. 

Manfaat juga bisa dirasakan oleh ibu menyusui. Ibu menyusui memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker payudara dan kanker ovarium.

Untuk mengikuti saran yang diberikan WHO, ibu menyusui perlu memperhatikan asupan nutrisi setiap hari. Bila diabaikan, dikhawatirkan ibu tidak bisa memberikan nutrisi yang cukup pada bayi.

  • Makanan yang Perlu Dikonsumsi

Nutrisi pertama yang perlu dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah protein. Protein bisa ditemukan dengan mudah pada telur. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Jadi, ibu menyusui tak perlu khawatir akan merasa bosan.

Selain protein, penting juga untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Kalsium yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan disalurkan kepada bayi melalui asi.

Nah, kalsium tersebut akan membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi. Anda bisa menemukan kalsium di keju, susu, dan lain-lain.

Menyeimbangkan nutrisi untuk ibu menyusui juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi daging. Ayam dan ikan menjadi pilihan yang bisa Anda konsumsi.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih, ya. Hal itu dilakukan agar tubuh ibu menyusui tetap terhindar dari terhidrasi.

Buah dan sayur menjadi makanan sumber nutrisi lain yang perlu dikonsumsi ibu menyusui. Berbagai macam jenis vitamin, antioksidan, mineral, zat besi, dan kandungan bermanfaat lain bisa Anda dapat dari mengonsumsi buah dan sayur.

Baca Juga: WHO bilang ibu yang terinfeksi corona tetap harus menyusui bayinya, ini alasannya




TERBARU

[X]
×