kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips tetap aman dari penularan virus corona selama bekerja


Minggu, 19 Juli 2020 / 19:32 WIB
Tips tetap aman dari penularan virus corona selama bekerja
ILUSTRASI. Disiplin menerapkan protokol kesehatan saat bekerja di tengah pandemi corona. Tribunnews/Jeprima


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto menyampaikan menyampaikan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan kebiasaan baru saat bekerja untuk mencegah penularan virus corona.

Pastikan diri Anda juga disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selalu pakai masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air, serta menjaga jarak dengan orang lain.

Selain menjaga jarak selama di transportasi umum, usahakan untuk tidak melepas masker, tidak berbicara, tidak makan, dan tidak minum karena hal-hal tersebut cukup beresiko penularan virus corona.

“Kasus konfirmasi positif tanpa gejala atau asimtomatik bisa menjadi sumber penularan, maka dari menggunakan masker, menjaga jarak, diupayakan untuk tidak berbicara selama berada di kendaraan umum, tidak makan dan tidak minum, ini menjadi penting,” kata Yuri.

Baca Juga: Tips paling aman pergi nge-gym saat pandemi corona

Kondisi kesehatan pegawai juga diperhatikan. Yuri mengimbau agar pegawai yang benar-benar sehat saja yang diperbolehkan masuk kantor. Jika pegawai memiliki keluhan fisik, disarankan untuk bekerja dari rumah.

Selama di kantor, pastikan pula untuk selalu menggunakan fasilitas umum, seperti lift atau tangga, sesuai dengan ketentuan adaptasi baru. Batasi kapasitas pengguna dalam satu waktu agar tidak menjadi sumber penularan yang tidak disadari.

Yuri menekankan tentang efektivitas dan efisiensi rapat selama pandemi corona. Pastikan semua peserta rapat benar-benar sehat. Jumlah peserta rapat harus disesuaikan dengan kemampuan ukuran ruang rapat agar tetap bisa menjalankan protokol kesehatan berupa physical distancing.

Batasi durasi rapat hingga tidak lebih dari 30 menit. Jika bahasan rapat cukup banyak, hal tersebut bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Tak hanya itu, pastikan tidak ada makanan atau minuman yang terhidang selama rapat.

Hal itu dilakukan agar tidak ada kesempatan bagi peserta rapat untuk melepas masker. Jika ada peserta yang memang harus melepas masker, jaga jarak dengan tidak mendekati peserta rapat yang lain.

Sirkulasi udara di ruang rapat harus diperhatikan pula. Jangan sampai sirkulari udara yang buruk menjadi penyebab penularan virus corona di antara peserta rapat. Yuri juga mengingatkan bahwa kebersihan ruangan dan perlengkapan rapat harus tetap dijaga.

Yuri mengatakan, teliti dalam melaksanakan kegiatan agar terbebas dari virus corona selama bekerja. “Ingat, di rumah ada anggota keluarga yang rentan, ada anak-anak yang masih kecil, ada orangtua yang sudah berusia lanjut, ada saudara dengan penyakit kronis lainnya. Mereka bisa terdampak dan bisa fatal akibatnya.”

Baca Juga: 3 sumber makanan yang mengandung vitamin E

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×