kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips sehat sehat seruput kopi bagi diabetes


Senin, 23 Oktober 2017 / 16:26 WIB
Tips sehat sehat seruput kopi bagi diabetes


Sumber: Kompas.com | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minuman berbahan dasar kopi memang digemari semua kalangan. Rasanya yang pahit asam menjadi daya tarik sendiri bagi pencinta minuman yang berasal dari biji kopi. Tak heran kedai kopi yang menawarkan berbagai jenis minuman terus bermunculan.

Namun sayang, ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang harus mengurangi kecintaannya terhadap kopi, yakni untuk orang yang memiliki diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang memengaruhi tubuh dalam memproses gula darah. Seseorang yang mengidap diabetes, tubuhnya kelebihan gula darah dan dapat menyebabkan masalah-masalah serius pada kesehatan.

Apa efek kesehatan minum kopi untuk penderita diabetes? Periset di Wake Forest University School of Medicine di North Carolina menemukan bahwa kafein bisa menyebabkan aliran darah ke otak jadi berkurang.

Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa konsumsi kafein tiap hari, khususnya untuk orang yang memiliki diabetes, dapat menurunkan aliran darah bagian serebral otak sebanyak 27%.

Meskipun begitu, penderita diabetes masih diperbolehkan minum kopi dengan beberapa ketentuan dan pastinya tidak dalam jumlah yang banyak.

Berikut ini, merupakan tips minum kopi yang sehat jika ingin tetap bisa mengontrol diabetes:

1. Batasi dan perhatikan kapan waktu mengonsumsi kopi

Mengurangi konsumsi kopi hingga hanya satu cangkir sehari dapat membantu mengelola diabetes. Perhatikan juga waktu minum kopi. Contoh, Anda bisa minum setengah cangkir kopi beberapa saat setelah bangun tidur dan minum setengah cangkir lagi saat sore hari.

2. Selalu pantau kadar gula darah

Walaupun diperbolehkan minum kopi, Anda tetap harus memantau kadar gula darah setiap hari. Cek dan pantau kadar gula darah sehabis mengonsumsi kopi karena kopi bisa memengaruhi kadar glukosa dalam darah. Dengan memantau gula darah, Anda jadi bisa mengetahui waktu-waktu kapan yang pas untuk minum kopi

3. Pakai pemanis khusus diabetes

Beberapa orang menyukai kopinya manis. Namun, gula dan kopi bisa menjadi kombinasi yang berbahaya bagi penderita diabetes tipe 2. Anda harus pandai-pandai menyeimbangkan antara kecintaan terhadap kopi dan pemanis yang digunakan. Alternatifnya, gunakan gula khusus penderita diabetes sebagai penambah rasa manis pada kopi.

4. Ganti topping

Jika Anda hobi menggunakan creamer, batasi jumlah pemakaiannya, karena setiap sendok creamer biasanya memiliki 20-30 kalori. Daripada memakai creamer yang padat kalori, lebih baik menggantinya dengan susu bebas lemak atau tidak menggunakan topping sama sekali.

Artikel ini tayang di Kompas.com berjudul 4 Tips Sehat Minum Kopi untuk Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×