kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol dalam darah secara alami


Senin, 10 Mei 2021 / 09:40 WIB
Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol dalam darah secara alami
ILUSTRASI. Jalan kaki. Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol dalam darah secara alami


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak obat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, obat untuk menurunkan kadar kolesterol biasanya menimbulkan efek samping. Agar tidak ada efek sampung, cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami.

Efek samping konsumsi obat untuk menurunkan kolesterol antara lain nyeri otot, kelelahan, pusing, trombosit menurun, dan masih banyak lagi. Bahkan, obat penurun kolesterol seperti statin juga bsia memicu diabetes tipe 2.

Cara alami menurunkan kolesterol

Kabar baiknya, kita bisa menurunkan kolesterol secara alami tanpa menggunakan obat sekalipun. Berikut cara alami menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

1. Hindari lemak trans dan lemak jenuh

Cara pertama menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah menjaga pola makan, terutama tidak konsumsi bahan makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Mengonsumi makanan yang mengandung lemak jenuh atau trans dapat meningkatkan kadar kolesterol.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengurangi asupan lemak jenuh hingga kurang dari 6 persen dari kalori harian Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca juga: Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, ini minuman yang bisa menurukan kolesterol

2. Konsumsi banyak serat larut

Cara kedua menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah meningkatkan konsumsi serat laurt. Meningkatkan asupan serat larut harian Anda dapat menurunkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

Mengonsumsi suplemen psyllium dan makan oatmeal untuk sarapan adalah cara mudah untuk meningkatkan jumlah serat larut yang Anda konsumsi setiap hari. Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan asupan serat yang lebih tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×