kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak bisa ke dokter gigi? Coba cara mengobati sakit gigi ini


Senin, 14 September 2020 / 14:00 WIB
Tak bisa ke dokter gigi? Coba cara mengobati sakit gigi ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu melakukan cara mengobati sakit gigi sendiri saat tak bisa pergi ke dokter gigi. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, salah satunya menggunakan bahan-bahan alami. Selain menggunakan bahan alami, penting pula untuk mengetahui penyebab sakit gigi.

Menurut American Dental Association atau ADA, ada beberapa penyebab sakit gigi yang umum terjadi. Pertama, sakit gigi yang disebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang terjadi saat makanan yang tersisa di gigi bercampur dengan bakteri sehingga menyebabkan plak.

Kedua, sakit gigi karena penyakit gusi dan abses. Ketiga, gigi yang tak bisa keluar dari gusi. Mengutip dari Insider, penyebab sakit gigi lainnya adalah sinus, trauma pada gigi (misalnya karena jatuh), atau iritasi. Jika Anda tak bisa ke dokter gigi, cobalah cara mengobati sakit gigi berikut ini.

Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi. Air garam bermanfaat untuk mengurangi infeksi dan inflamasi, membersihkan bakteri, serta mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Sering menderita gigi ngilu? Ini loh penyebab gigi ngilu yang wajib Anda tahu

Cara mengobati sakit gigi bisa Anda mulai dengan mencampur ½ sdt garam dan segelas air hangat. Kumur menggunakan campuran tersebut selama 20 hingga 30 detik. Ulangi cara mengobati sakit gigi ini sebanyak dua kali atau lebih sampai sakit gigi berkurang.

Pasta Gigi Sensitif

Insider mengatakan bahwa pasta gigi sensitif diciptakan untuk mengatasi masalah gigi secara keseluruhan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati sakit gigi.

Setelah menggosok gigi, aplikasikan pasta gigi sensitif di area gigi yang sakit. Lakukan cara mengobati sakit gigi ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 3 Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Minyak Cengkih

Cara mengobati sakit gigi lainnya yang direkomendasikan Insider adalah menggunakan minyak cengkih. Caranya pun cukup mudah. Pertama, letakkan sedikit minyak cengkih pada cotton bud. Lalu, tempatkan cotton bud tersebut pada gigi yang sakit selama lima hingga 10 menit.

Obat Apotik

Insider mengatakan bahwa ibuprofen dan acetaminophen cocok dijadikan cara mengobati sakit gigi. Ibuprofen berfungsi sebagai antiinflammatory dan acetaminophen dapat mengurangi rasa sakit. Jika Anda tak bisa ke dokter gigi, obat tersebut bisa Anda minum sesuai dengan dosis yang disarankan.

Selanjutnya: 3 Penyebab gusi bengkak yang perlu diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×