kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sulit tidur nyenyak? Cara ini bisa Anda coba


Kamis, 17 Desember 2020 / 15:28 WIB
Sulit tidur nyenyak? Cara ini bisa Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidur adalah salah satu kegiatan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Anda cenderung kekurangan energi dan sulit berkonsentrasi saat kualitas tidur kurang maksimal. Untuk menghindari hal itu, cara tidur nyenyak berikut ini perlu Anda coba.

Kurangi Cahaya dan Suara

Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan bahwa cahaya dan suara adalah dua faktor penting yang berpengaruh pada kualitas dan kuantitas tidur. Usahakan untuk tidur di ruangan dengan cahaya redup atau gelap supaya otak memproduksi hormon melatonin secara maksimal.

Melatonin adalah salah satu jenis hormon yang berfungsi untuk memberikan ketenangan pada tubuh. Selain mengatur cahaya ruangan, cahaya yang keluar dari gawai Anda juga berpengaruh pada kualitas tidur. Maka dari itu, cobalah untuk tidak bermain ponsel atau menonton TV sebelum tidur.

Atur Kegiatan Relaksasi

Melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur secara rutin bisa jadi cara tidur nyenyak. Hal itu membuat tubuh dan otak Anda bersiap untuk istirahat secara otomatis. Beberapa kegiatan relaksasi sebelum tidur yang bisa Anda lakukan adalah peregangan, meditasi, membaca buku, atau menulis jurnal.

Baca Juga: Sering tidur larut malam? 5 Efek begadang ini bisa Anda rasakan

Kelola Stres dengan Baik

Stres yang Anda rasakan sangat berpengaruh terhadap kemampuan Anda untuk mudah tidur dan kualitas tidur Anda. Jika stres tak dikelola dengan baik, Anda bisa mengalami kecemasan dan masalah mental lainnya.

Hal tersebut tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Ada banyak hal yang bisa Anda coba untuk mengelola stres yang Anda rasakan. Misalnya, melatih pernapasan, menghirup aromaterapi, meditasi, menulis jurnal, dan lain sebagainya. 

Jika kegiatan itu tak mampu meredakan stres, ada baiknya bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan menyarankan hal yang lebih tepat dan efektif supaya Anda dapat mengatur stres dengan baik.

Baca Juga: Tak perlu obat, inilah 4 cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba

Persiapkan Perlengkapan Tidur

Cara tidur nyenyak selanjutnya yang disarankan Mayo Clinic adalah dengan memakai perlengkapan tidur yang nyaman. Anda bisa memilih tempat tidur, guling, bantal, dan pakaian tidur yang enak dipakai untuk beristirahat. Dengan begitu, kualitas tidur Anda akan meningkat.

Selanjutnya: 13 Tips mudah mengatasi insomnia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×